Naijan Lengkong Kembali Terpilih sebagai Ketua Umum Agupena

Rubrik Munas Oleh

Usai sudah perhelatan Munas I Agupena (Asosiasi Guru Penulis Indonesia). Acara perhelatan Agupena yang berlangsung di Hotel Istana Nelayan, Kota Tangerang, pada 28-30 Oktober itu berlangsung semarak dan dihadiri oleh 19 delegasi Agupena wilayah (provinsi) seluruh Indonesia.

revrevrevrevMunas I yang digelar atas kerja sama dengan Bappeda Banten itu diawali dengan workshop bertema “Karakter Bangsa di tengah Arus Perubahan Global” pada Jumat, 28 Oktober 2016. Pembicara yang tampil, di antaranya: Drs. Hudaya Latuconsina, M.M. (Kepala Bappeda Banten yang sekaligus juga Dewan Pembina Agupena), KH. A. Sholeh Dimyathi, M.M., Yanuardi Syukur, S. Sos, M.Si., Prof. Dr. Fasli Jalal (mantan Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan sekaligus Dewan Penasihat Agupena), dan Dra. Poppy Dewi Puspitawati, M.A. (Direktur Pembinaan Guru Pendidikan Dasar Ditjen GTK Kemdikbud). Acara workshop yang berlangsung hingga 17.30 WIB itu berlangsung hangat, menarik, dan interaktif.

Pada malam harinya, digelar acara Munas mulai pukul 20.00 WIB yang dipimpin dewan presidium terdiri atas lima orang yang berasal dari lima wilayah (Jawa Tengah, Maluku, Sulawesi Selatan, NTT, dan Sumater Barat). Munas diawali dengan penyampaian Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) Ketua Umum, Naijan, M.Pd., yang diterima secara bulat oleh peserta Munas dan dinyatakan demisioner oleh Ketua Sidang Pleno, M. Ardy Ali. Acara dilanjutkan dengan Sidang Komisi A (AD/ART), Komisi B (Program), dan Komisi  C (Rekomendasi). Acara berlangsung hingga pukul 22.30 WIB.

Keesokan harinya, Sabtu, 29 Oktober 2016, pukul 08.00-12.00 WIB digelar pemilihan Ketua Umum Agupena Masa Bakti 2016-2016. Setelah melalui proses yang cukup dinamis dan demokratis, akhirnya peserta Munas berdasarkan asas musyawarah-mufakat memilih dan menetapkan Naijan, M.Pd. sebagai Ketua Umum. Pasca-pemilihan Ketua Umum dilanjutkan dengan pemilihan pengurus oleh Tim Formatur yang terdiri atas 7 orang (5 orang presidium), Ketua Umum terpilih, dan satu orang dari unsur Dewan Pembina (Drs. H.A. Sholeh Dimyathi, M.M.).

Berikut adalah Susunan Pengurus Agupena Pusat Masa Bakti 2016-2021 selengkapnya.

Susunan Pengurus Agupena Pusat Masa Bakti 2016-2021

Dewan Penasihat:

  1. Dr. Fasli Jalal
  2. Dirjen GTK Kemdikbud
  3. Kepala Puskurbuk

Dewan Pembina:

  1. H. Hudaya Latuconsina
  2. H.A. Sholeh Dimyathi, M.M.
  3. H. Ridhwan Mias, M.M.
  4. Yasrizal, M.Pd.

Dewan Pertimbangan Kode Etik:

  1. Wardjito Soeharso, M.Sc.
  2. Roswita M. Aboe, S.Pd., M.A.
  3. Pariadi, M.Ed.
  4. Erwan Juhara, M.Pd.

Ketua Umum: Naijan, M.Pd.
Ketua I: Asep Sumarna, M.Pd.
Ketua II: Drs. Alpansyah, M.Pd
Sekretaris Umum: Drs. H. Abd. Rahman, M.A.
Sekretaris I: Munawir, A.M., M.Sc.
Sekretaris II: Abdul Malik Raharusun, M.Pd.
Bendahara Umum: Dra. Hj. Iim Halimah
Bendahara I: RR. Tri Rizalina, S.E., M.M.
Bendahara II: Neovita Margasari, S.Pd.
Ketua Bidang Pengembangan Profesi: Drs. Sawali, M.Pd.
Ketua Bidang Pengembangan Organisasi: M. Ardhy Ali, M.Pd.
Ketua Bidang Humas dan Kerjasama Antarlembaga: Washadi, S.Pd., M.M.Pd.
Ketua Bidang Hukum dan Advokasi: Elva Novianty, S.Pd.,S.H., M.Pd.
Ketua Bidang Usaha dan Jasa: Yanuardi Syukur, S. Sos, M.Si.

Dengan tersusunnya Pengurus Agupena Pusat Masa Bakti 2016-2021 berakhir sudah acara Munas yang berlangsung lima tahun sekali itu. Selamat kepada Pak Naijan Lengkong yang kembali terpilih sebagai Ketua Umum beserta para pengurus terpilih. Semoga bisa mengemban amanat dengan baik sehingga keberadaan Agupena benar-benar mampu menjadi organisasi profesional yang mampu mengangkat marwah organisasi guru penulis melalui tagline: “Membangun Gerakan (guru) Indonesia Menulis. ***

AGUPENA.OR.ID merupakan website resmi Agupena yang diluncurkan pada 10 Oktober 2016. Kehadiran website ini diharapkan bisa menjadi pendukung program Agupena di seluruh wilayah tanah air. Website dikelola oleh Sawali Tuhusetya (Bidang Pengembangan Profesi Agupena).

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

*

Tulisan Terbaru tentang Munas

Makna Lambang Agupena

Lambang AGUPENA adalah Gambar Bola Dunia bergaris 6 (enam) dengan warna biru
Go to Top