Dua Pengurus AGUPENA Pusat Menang Anugerah Kebahasaan pada Bulan Bahasa 2016

Rubrik Berita Oleh

Dalam rangka menyambut Bulan Bahasa Tahun 2016, Kantor Bahasa Provinsi Maluku Utara menggelar sejumlah kegiatan dengan tema “Martabatkan Bahasa dan Sastra, Rayakan Kebhinekaan”. Sejumlah kegiatan yang berpuncak pada  Senin, 31 Oktober 2016 di Kantor Bahasa Ternate, di antaranya Penandatanganan Naskah Kerjasama Kebahasaan, Anugerah Kebahasaan, dan Kirab Bahasa.

revDasar diadakannya kegiatan rutin yang sudah dilaksanakan tiga tahun berturut-turut ini sesuai amanat Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan, Pasal 41 ayat 1. Dalam ketentuan tersebut dinyatakan bahwa pemerintah wajib mengembangkan, membina, dan melindungi bahasa dan sastra Indonesia agar tetap  memenuhi kedudukan dan fungsinya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, sesuai dengan perkembangan zaman. Untuk melaksanakan amanat UU tersebut, Kantor Bahasa menginisiasi kegiatan Anugerah Kebahasaan Tingkat Provinsi Maluku Utara di samping beberapa event lainnya.

Pada sambutannya, Kepala Kantor Bahasa, Drs. Songgoh Sirua., M.Pd., menyampaikan tentang pentingnya penggunaan bahasa Indonesia secara baik dan benar, bukan hanya di lingkup pendidikan, atau sekolah tetapi di ruang publik seperti hotel, bandara atau pusat perbelanjaan, dimana sekarang ini penggunaan bahasa  pada palang-palang petunjuk masih didominasi oleh bahasa Inggris dan penggunaan bahasa Indonesia menjadi urutan kedua. Yang seharusnya menurut beliau lagi bahwa sebagai bahasa nasional, bahasa Indonesia harus menjadi bahasa utama  di negeri sendiri.

revrevAnugerah Kebahasaan yang merupakan salah satu acara yang dihelat pada akhir bulan Oktober sebagaimana dijelaskan oleh Ketua Pelaksana Bulan Bahasa, Naratungga Indit Prahasita, bertujuan untuk menumbuhkembangkan nilai-nilai positif  masyarakat terhadap bahasa dan sastra Indonesia/daerah sebagaimana yang diamanatkan dalam UUD 1945 pasal 32 tentang bahasa daerah, dan pasal 36 tentang bahasa Negara adalah bahasa Indonesia.

Sementara itu, menurut Panitia Anugerah Kebahasaan yang diketuai oleh Mujahid Taha, SS, seleksi dilakukan dengan sistem yang cukup ketat dan berkualitas. Dari hasil seleksi, terpilih 10 (sepuluh) kategori pemenang, antara lain kategori Kepala  Satker/UPTD Balai Bahasa Kota Ternate yang dimenangkan oleh Hardi Idrus., SE., Kategori Tokoh Adat dengan pemenang Ridwan Dero, S.E., Kategori Politikus diperoleh Drs. Djasmin Rainu S., ME., Kategori Bahasawan/Peneliti dimenangkan oleh Roswita M. Aboe., S.Pd., MA., dan Kategori Sastrawan oleh Dino Umahuk. Selain itu, M. Guntur Cobobi dan Dra. Siti Mahnun menjadi pemenang masing-masing dari Kategori  Pemuda dan Kategori Guru. Untuk Kategori dosen, dimenangkan oleh Yanuardi Syukur., M.Si. Sedangkan, Pemenang Kategori Media Massa adalah Fitria Widjadja., SE (Elektro/RRI) dan Dr. Pawa Juliati Rahmi., M.Kes. sebagai pemenang Anugerah kategori Instansi Swasta/Pengusaha (RSI-Ternate).

Adapun dua pemenang Kategori Bahasawan/Peneliti dan Dosen, masing-masing Roswita M. Aboe dan Yanuardi Syukur adalah pengurus Asosiasi Guru Penulis Indonesia Pusat (AGUPENA) dimana Asosiasi ini baru saja melangsungkan Musyawarah Nasional I di Tangerang pada tanggal 28-30 Oktober 2016.

Acara yang dihadiri oleh berbagai instansi dan kalangan serta penggiat bahasa dan sastra, ditutup dengan penandatanganan Naskah Kerjasama antara Kantor Bahasa dan Instansi Hotel Bela Internasional, Jatiland Mall dan Bandara Sultan Babullah. Dengan motto yang sepatutnya menjadi jargon masyarakat Indonesia “Utamakan bahasa Indonesia, lestarikan bahasa daerah, dan  pelajari bahasa asing”, Kantor Bahasa dalam upayanya telah memberi peran penting bagi pelestarian dan pengembangan bahasa dan sastra khususnya bahasa Indonesia  dan bahasa daerah. (rma) ***

Tags:

AGUPENA.OR.ID merupakan website resmi Agupena yang diluncurkan pada 10 Oktober 2016. Kehadiran website ini diharapkan bisa menjadi pendukung program Agupena di seluruh wilayah tanah air. Website dikelola oleh Sawali Tuhusetya (Bidang Pengembangan Profesi Agupena).

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

*

Tulisan Terbaru tentang Berita

Go to Top