AGUPENA MALUKU “BERKENALAN” DENGAN PEMDA MALUKU DENGAN BUKU

Rubrik Kegiatan Oleh

Asosiasi Guru Penulis Indonesia (AGUPENA) Dewan Perwakilan Daerah Provinsi Maluku menggelar Pelatihan Penulisan Penilitian Tindakan Kelas (PTK) di Aula SMA Negeri 2 Kei Kecil, Kabupaten Maluku Tenggara. Menurut Abdul Malik Raharusun, M.Pd Ketua AGUPENA DPD Provinsi Maluku, kegiatan ini sebagai langkah awal AGUPENA Maluku “berkenalan” dengan guru juga Pemerintah Maluku.

Kegiatan Pelatihan penulisan ini dihadiri oleh guru-guru dari lingkup Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara dan lingkup Pemerintah Kota Tual. Turut hadir dalam kegiatan ini Ketua Musyawarak Kerja Kepala Sekolah Kabupaten Maluku Tenggara Ibu Domitila Teniwut, S.Pd dan Sekretaris Daerah Kabupaten Maluku Tenggara, Bapak Ir. Petrus Beruatwarin, M.Si.

Sekda Kabupaten Maluku Tenggara berkenaan memberi sambutan dan membuka dengan resmi kegiatan pelatihan penulisan PTK. dalam sambutannya Sekda berharap agar guru meningkatkan kualitas kelilmuannya melalui tradisi menulis dikalangan guru.

Guru juga kian waktu terus dituntut meningkatkan kualitas kompetensi keilmuannya. Sebagaimana Permen PAN RB Nomor 16 Tahun 2009 dan Permendikbud nomor 35 Tahun 2010 menempatkan guru sebagai kaum intelektual dan mewajibkan guru menulis karya ilmiah sebagai syarat mutlak kenaikan pangkat dari Pangkat III/b ke III/c dan seterusnya. Hal ini sekali lagi menuntut guru untuk terus mengasah kemampuan intelektualnya agar terus kompatibel dengan perkembangan zaman, pungkas Sekda.

Dalam kegiatan ini juga Ketua AGUPENA DPD Provinsi Maluku menyerahkan dua buah buku terbaru karya AGUPENA kepada Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara. Malik mengungkapkan bahwa pemberian buku karya AGUPENA ini sebagai langkah awal AGUPENA Maluku yang baru dibentuk untuk bertekad terus berkarya membuat even baik berskala Provinsi bahkan Nasional guna menggalakan tradisi menulis dikalngan guru Maluku yang dirasa sangat minim.

Pada kesempatan ini juga Malik menjaringan guru se-Kabupaten Maluku Tenggara dan Kota Tual sebagai jaringan guru penulis yang terhimpun dalam AGUPENA Maluku. Melalui AGUPENA para guru yang menulis akan difalitisi guna publikasi tulisan yang lebih luas kepada pembaca. (Laporan Abdul Malik Raharusun)***

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

*

Tulisan Terbaru tentang Kegiatan

Go to Top