Pelantikan Pengurus AGUPENA DKI Jakarta

Rubrik Kegiatan Oleh

Organisasi yang dikenal dengan AGUPENA (Asosiasi Guru Penulis Indonesia) ini adalah sebagai lembaga yang mengumpulkan guru-guru penulis yang berkomitmen untuk berbagi kemampuan menulisnya dengan seluruh guru di Indonesia, baik melatih guru-guru, pendampingan siswa dan sekolah, hingga kontribusi dalam ide dan motivasi dalam menulis.

Sabtu, 4 Maret 2017, bertempat di sekolah Sabilina dilakukan pelantikan untuk pengurus AGUPENA DKI Jakarta. Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh pengurus yang dilantik dan juga dua dari pengurus pusat, Naijan, M.Pd dan Yanuardi Syukur, S.Sos, M.Si.

Dalam sambutannya, Naijan M.Pd. selaku Ketua Umum AGUPENA 2016-2021, berpesan agar segera setelah pelantikan hari ini untuk membuat program kerja sesuai dengan bidangnya masing-masing, agar Jakarta dapat menunjukkan eksistensi dirinya sebagai AGUPENA yang berada di wilayah ibukota negara. Ungkapan  “selamat bekerja  dengan lugas beliau sampaikan saat memberikan selamat setelah pelantikan usai.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua AGUPENA DKI Jakarta, Dr. Supangat MA, juga menyampaikan tiga hal penting yang perlu dilakukan segera. Pertama, akses yang terlibat dalam membangun semangat menulis di kalangan guru di Jakarta harus terus diperluas dengan melibatkan sebanyak mungkin anggota. Kedua, program pengingkatan mutu seluruh anggota dalam menulis perlu untuk difasilitasi dengan baik, misalnya dengan penerbiatan buku setiap tiga bulan sekali. Dan ketiga, upaya untuk membangun kemandirian lembaga dalam beraktivitas harus segera dimiliki, agar dalam menjalankan kegiatannya tidak mempermasalahkan sumber anggarannya.

Pelantikan Pengurus Agupena DKI Jakarta

Pada waktu yang sama juga dilakukan launching buku perdana yang berjudul Mata Pena: Pemikiran-Pemikiran tentang Pendidikan Konstruktif, berisi 22 tulisan dengan kontributor penulisnya meliputi: (1) Kurikulum Revolusi Paradigma Pembelajaran oleh Dr. Supangat Rohani, MA.; (2) Neurosains, Pikiran Bawah Sadar dan Keanekaragaman Kecerdasan (Alamsyah Said); (3) Komunikasi Keluarga (Dr. Dini Safitri); (4) Membuat Aturan Kelas (A. Ramdani); (5) Kurikulum Pendidikan Karakter (Akhiruddin); (6) Sekolah yang Dirindukan (Asmuni Marzuki); (7) Manfaat Pembelajaran Bahasa Arab Fushah di Lingkungan Pesantren (Ariza Pahlevi); (8) Kurikulum Langit sebagai Solusi bagi Pendidikan Islam (Dety Anggraeny); (9) Membangun Komunikasi Afektif kepada Anak (Dr. Dini Safitri); (10) Dari Cahaya itu terkenang Guruku Tercinta (Edi Sugianto); (11) Interior Bangsa yang Be-rayap (Edi Sugianto); (12) Tak Ada Esok (Edi Sugianto); dan (13) Reinkarnasi (Edi Sugianto); (14) Sekolah Unggulan (Fortin Sri Haryani); (15) Guru Tidak Menulis dan Berhenti Belajar, Sebaiknya Berhentilah Mengajar (Hamli Syaifullah); (16) Lau Kuntu, Membangun Empati Anak Negeri (Kusniati Masykuroh); (17) Kekayaan Puisi “Laut Kecilku” Karya (Edi Sugianto); (18) Melalui Pendekatan Stilistika (Rudi Hermawan); (19) Guru yang Baik (Zaenal Ridwan); (20) Bagaimana Mengajar Sesuai Cara Siswa Belajar (Alamsyah Said); (21) Pembelajaran Berbasis Multimedia (Fortin Sri Haryani); dan (22) Asyiknya Mengajar (Zaenal Ridwan).

Untuk semua pengurus AGUPENA, baik pusat maupun daerah, serta seluruh anggota yang terlibat dalam organisasi, mohon doa dan dukungannya agar pengurus AGUPENA DKI Jakarta yang telah dilantik ini dapat menjalankan amanah ini dengan baik.

Dewan Pengurus AGUPENA DKI Jakarta:
Ketua: Dr. Supangat Rohani MA
Wakil Ketua: Alamsyah Said, M.Si
Sekretaris: A.  Ramdani,  S. Pd. I
Wakil sekretaris: Hamli Syaifullah, M.Si.
Bendahara: Khusniyati Masykuroh, M.Pd.
Wakil Bendahara: Rd Dety Anggraeny, S.sos

Ketua dan anggota Bidang:
Pendidikan dan Pelatihan:
Ketua: Akhirudin DC, MA
Anggota: Dedy Purnama S.Pd

Bidang Humas dan Kerjasama Antar Lembaga:
Ketua: Adjat
Anggota: Emi Maschuroh S.Si

Bidang Marketing dan Komunikasi:
Ketua: Awang Darmawan S.Si
Anggota: Naning S.Pd

Bidang Penerbitan:
Ketua: Eka Safitri
Anggota: Agus Suhendi

Bidang Pengembangan Profesi:
Ketua: Edi Sugianto
Anggota: Ahmad awaluddin dan Ariza Fahlaivi S, Fil.I

Bidang Pengembangan Organisasi:
Ketua: Fortin Sri Haryani, S.Si, M.Pd
Anggota: Dr. Dini Safitri

Bidang Hukum dan Advokasi:
Ketua: Hiznu Sobar M.Pd
anggota: Drs. Purwanto MM.  M.Sc

Bidang Usaha dan Jasa:
Ketua: Asmuni Marjuki, S.Th.I
Anggota: Zaenal Ridwan, S.Pd.I
***

Dosen dan peneliti bidang Antropologi Sosial yang menulis 60 buku berbagai genre (Islam, Timur Tengah, biografi, dan motivasi, riset sosial). Beberapa bukunya dikaji sebagai tugas akhir di perguruan tinggi dan didokumentasikan di berbagai perpustakaan di Indonesia, Singapura, dan Australia. Pada tahun 2017, buku yang diinisiasinya "Hidup Damai di Negeri Multikultur" (GPU, 2017) diluncurkan di Kedubes Australia. Ia pernah diundang sebagai narasumber di Kuala Lumpur, Bangkok, beberapa stasiun televisi Indonesia dan MBC Korea. Saat ini, mahasiswa S3 Antropologi FISIP UI ini menjadi Ketua Bidang Usaha dan Jasa Penulisan/Penerbitan Agupena Pusat.

4 Comments

    • Sama-sama, Pak Hamli. Amiiin, terima kasih doanya, Pak, semoga Agupena benar-benar hadir untuk mampu mewujudkan budaya literasi, khususnya di bidang kepenulian.

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

*