AGUPENA FLOTIM GELAR SEMINAR TENTANG LITERASI

Rubrik Berita/Kegiatan Oleh

(Dalam Rangka HUT Ke- 2 Agupena Flotim)

Asosiasi Guru Penulis Indonesia (Agupena) Cabang Flores Timur pada Hari Ulang Tahun ke – 2, Sabtu (4/3/17)menggelar Seminar Pendidikan tentang Literasi.

Kegiatan yang berlangsung di Gedung Orang Muda Katolik (OMK) Larantuka yang berlokasi di Kelurahan Sarotari melibatkan sedikitnya 320 guru dan siswa tingkat SD, SMP, dan SMA/K se – Kabupaten Flotim juga termasuk perwakilan siswa dan guru dari Kabupaten Sikka dan Lembata.

Seminar dengan tema “Lestarikan Gerakan Literasi” menghadirkan Narasumber Alexander Take Ofong Wakil Ketua DPRD NTT, Gusty Richarno, Pemimpin Umum Media Pendidikan Cakrawala NTT,dan Bernadus Beda Keda, Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olaraga Kabupaten Flores Timur dan Narasumber Tamu, Santi Sima Gama, Dosen Psikologi Unipa Maumere yang saat ini sementara studi Pasca Sarjana Jurusana Bahasa dan Sastra di Sanata Dharma Yogyakarta.

Narasumber-foto-bersama-usai-kegiatan
Penyerahan Piagam Penghargaan kepada Narasumber Santi Sima Gama (kanan) oleh Ketua Panitia, Amber Kabelen (Kanan)
Penyerahan Piagam Penghargaan dari Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olaraga (PKO) Kabupaten Flores Timur, Bernadus Beda Keda (kanan) kepada Ketua Agupena Flotim, Maksimus Masan Kian (kiri)
Pemaparan materi tentang kiprah Agupena Flotim selama dua tahun oleh Ketua Agupena Flotim, Maksimus Masan Kian
Santi Sima Gama (Penulis) saat membawahkan materi tentang Psikologi Menulis
Peserta Seminar Lestarikan Gerakan Literasi dalam rangka HUT Agupena Flotim ke- 2.
Musikalisasi Puisi siswa SMPN 3 Wulanggitang – Hewa mengisi HUT Agupena Flotim ke-2.

⁠⁠⁠Hadir pada kegiatan ini, Ketua Agupena Wilayah NTT, Thomas Akaraya Sogen, Maksimus Masan Kian,Ketua Agupena Cabang Flotim,Adi Da Silva Wakil Ketua Agupena Lembata, Barto Penana Payong, Ketua PGRI Flotim, Anggota Komisi C DPRD Flotim, Ignas Uran dan Yanuar Jawa Bala, Ketua Yapersuktim Thomas Labina, Kepala UPTD, Kepala Sekolah dan guru.

Maksimus Masan Kian, Ketua Agupena Flotim dalam sambutanya mengatakan rasa bangga atas antusias guru menghadiri kegiatan ilmiah yang digagas Agupena Flotim.Terlebih lagi apresiasi kepada guru- guru dari luar Kabupaten Flotim. Maksi mengajak segenap komponen yang terkait pendidikan mesti membangun komitmen untuk melakukan aksi – aksi kecil demi meraih besar menjadikan Kabupaten Flotim sebagai Kabupaten Refrensi Literat. ” Saya mengajak semua kita di forum ini untuk membangun komitmen untuk terus menumbuhkan iklim ilmiah di Flotim.Giatkan budaya membaca, sebagai jalan untuk menulis.

Kepala Dinas PKO Flotim Bernadus Beda Keda dalam sambutan membuka kegiatan memberi apresiasi kepada Agupena Flotim. Bagi Kadis, Agupena Flotim menjadi wadah profesi yang patut diteladani dan dijadikan sebagai tempat belajar.Terima kasih Agupena Flotim yang telah membantu pemerintah seama dua tahun ini menumbuhkn iklim ilmiah di Kabupaten Flotim. Kita tetap bersinergi untuk membantu siswa dan guru dalam mengeksplorasi bakat dan kemampuan di dunia menulis.

Alexander Take Ofong, Wakil Ketua DPRD Flotim pada forum itu membangun komitemen bersama guru- guru Flotim untuk melestarikan gerakan literasi.

HUT ke- 2 Agupena Flotim mendapat piagam penghargaan dari Dinas PKO Flotim atas jasanya bersama Dinas PKO memajukan pendidikan di Flotim.Pada kesempatan itu, Agupena Flotim juga memberikan penghargaan kepada Wartawan Pos Kupang dan Flores Pos atas peranya menekspos kegiatan Agupena Flotim selama dua tahun.

Siswa SMPN 3 Wulanggitang hadir mengisi acara Musikalisasi Puisi, dan siswa SMPN 2 Adonara Timur Witihama dengan Fragmen tentang Literasi.

Awal seminar, peserta disuguhkan bahan bacaan yang disiapkan oleh Perpustakaan Daerah Flores Timur.***

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

*