AGUPENA FLOTIM DAN PERANNYA DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU

Rubrik Opini Oleh

(Catatan kecil untuk AGUPENA Flotim di Hari Ulang Tahunnya yang kedua, 1 Maret 2017)
Oleh : Silvester Kian Witin, S.Fil
(Wakil Ketua Agupena Cabang Kabupaten Flores Timur)

Silvester Kian Witin, S.Fil

Memasuki bulan Maret ini, tepatnya tanggal 1 Maret 2017, AGUPENA Cabang Kabupaten Flores Timur akan merayakan dua tahun hari ulang tahun kelahirannya. Tepatnya tanggal 1 Maret 2015 dua tahun yang lalu, bertempat di SMA Negeri 1 Larantuka, Asosiasi Guru Penulis Indonesia Cabang Kabupaten Flores Timur ini dibentuk. Dalam sambutan perdananya kala itu, sang Ketua terpilih saudara Maksimus Masan Kian S.Pd, dengan suara lantang mengatakan bahwa asosiasi ini adalah milik kita bersama, dan merupakan sebuah perkumpulan yang beranggotakan kita sesama profesi guru dan dosen. Asosiasi ini menjadi wahana bagi teman-teman sekalian untuk berjuang dalam mengembangkan profesionalisme guru. Asosiasi ini menuntut setiap anggotanya untuk senantiasa bersahabat dan sekaligus mencintai buku dan pena, yang akan digunakannya dalam aktivitas membaca dan menulis.

Setelah beberapa bulan terbentuk, asosiasi ini mulai menjadi motor utama dan menjadi pemrakarsa diselenggarakannya beberapa kegiatan yang bersentuhan langsung dengan pengembangan keprofesian guru yang berkelanjutan. Beberapa kegiatan yang pernah diselenggarakan oleh Agupena cabang Kabupaten Flores Timur antara lain : Pertama, workshop penulisan Penelitian Tindakan kelas yang digelar di kalangan guru-guru SD, SMP, dan SMA sekabupaten Flores Timur. Kedua, workshop pelatihan Jurnalistik dan karya ilmiah populer di antara guru-guru dan siswa-siswi SLTP dan SLTA sekabupaten Flores Timur. Ketiga, menggelar kegiatan seminar pendidikan tingkat kabupaten Flores Timur dan beberapa kegiatan lainnya yang pada intinya membantu guru dalam upaya peningkatan profesionalnya di tengah jaman yang kian berubah ini.

Usia dua tahun merupakan rentangan waktu yang boleh dikatakan begitu singkat. Agupena Cabang kabupaten Flores Timur merasa seolah-olah “belum berbuat banyak”. Namun dalam kurun waktu yang singkat ini ternyata ada “semangat lebih” yang terpancar dari dalam Agupena itu sendiri. Ada kesadaran untuk “berjuang dan bergerak maju” meraih impian yang sebenarnya merupakan cita-cita asosiasi itu sendiri. Dan semangat ini telah ditunjukkannya dalam beberapa bentuk kegiatan yang telah dilaksanakan dan sempat meninggalkan kesan serta animo positif bagi segelintir orang di tanah Lamaholot. Agupena Cabang Kabupaten Flores Timur pada prinsipnya tidak terlalu mengidealkan sebuah program kegiatan yang berskala besar, namun dan lebih dari itu dia selalu mengutamakan kegiatan serta program-program kecil dan sederhana yang betul-betul menjawabi kebutuhan zaman. Asosiasi ini memiliki tujuan yang mulia dan luhur yaitu meningkatkan kemampuan tulis-menulis pada guru yang pada akhirnya dapat mendukung profesi guru itu sendiri.

Agupena : Wadah Peningkatan Profesionalisme Guru
Di hari istimewa berkenaan dengan momentum ulang tahun berdirinya Asosiasi ini, AGUPENA Cabang Kabupaten Flores Timur perlu berefleksi sekaligus berintrospeksi diri, sejauh mana perannya dalam upaya peningkatan profesionalisme guru yang berkelanjutan. Untuk itu maka ada beberapa pokok pikiran yang seharusnya menjadi pegangan utama dalam perjalanan ke depannya, yaitu : Pertama, Sebagai sebuah asosiasi Guru Penulis, perkumpulan ini hendaknya selalu memotivasi guru untuk senantiasa cinta akan aktivitas membaca dan menulis.

Seorang guru yang profesional adalah seorang guru yang rajin membaca dan menulis.Guru harus rajin membaca apa saja. Guru juga harus rajin menulis apa saja. Dengan membaca dan menulis, guru mampu menguasai segala hal yang berkaitan metode serta materi pembelajarannya di kelas. Kedua, Asosiasi ini juga hendaknya semakin membuat guru untuk semakin mencintai profesinya. Guru yang selalu mencintai profesinya adalah model guru yang bijaksana. Guru yang bijaksana adalah model guru yang patut dibanggakan pada jaman ini. Dengan berkiprah dalam asosiasi ini, guru diharapkan untuk mampu berbuat lebih demi peningkatan kualitas guru itu dan anak didik yang dipercayakan kepadanya. Ketiga, asosiasi guru penulis atau Agupena ini hendaknya semakin hari semakin menuntut guru untuk berani menemukan hal atau temuan-temuan baru yang kreatif dan inovatif dalam pembelajaran. Keempat, asosiasi guru penulis atau Agupena ini hendaknya selalu memberikan ruang kepada guru untuk berkreativitas. Guru yang kreatif akan menghasilkan peserta didik yang kreatif pula. Jika semua guru itu kreatif dalam mendesain metode serta pola pembelajaran, maka sebagai konsekuensinya yaitu bahwa peserta didik yang dihasilkannya tentu jauh lebih kreatif dan solutif,. Guru yang kreatif membaca dan menulis akan mampu memberikan contoh yang baik kepada peserta didiknya.

Akhirnya, marilah kita memberikan apreasiasi dan penghargaan yang mendalam kepada AGUPENA Cabang kabupaten Flores Timur di hari jadinya ini. Wadah ini telah dibentuk dan dia pun telah berkiprah dalam kariernya selama ini. Mudah-mudahan detak hari ini dapat menjadikan pemicu baginya untuk berkiprah dalam waktu-waktu selanjutnya. Selamat Ulang tahun AGUPENA Cabang Kabupaten Flores Timur. Viva Agupena Flotim! Ad multos anos! ***

Tags:

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

*

Tulisan Terbaru tentang Opini

Keluargaku Surgaku

Seorang ahli kungfu sedang asyik menari di lantai dansa bersama istrinya. Ia

Sayang dia, Cinta dia

Hampir pecah tangisku menyaksikan peristiwa itu. Seorang suami mencekik, menampar dan menendang

Tegar

Oleh: La Ode Mu’jizat Perlu kekuatan hati yang berlebih ketika ujian atau
Go to Top