Belajar dari Sekolah Para Menteri ASEAN AL JUNEYD Singapore

Rubrik Kegiatan/Pendidikan Oleh

Dr. Supangat MA
(Ketua Agupena DKI Jakarta)

Baru saja kami tiba di Indonesia setelah mengadakan perjalanan selama tiga hari dimulai pada Rabu, tanggal 8 hingga 10 Maret 2017, kami meng-eksplore sekolah Al Juneyd dan beberapa tujuan wisata di Singapore, dengan menggunakan kartu sakti yang digunakan untuk MRT, Bus, Grab, dan yang tidak kalah seru adalah jalan kaki.

Kegiatan ini diikuti oleh 17 orang yang mewakili delegasi 7 (tujuh) wilayah di Indonesia yaitu Jakarta, Bekasi, Tangerang Selatan, Bogor, Metro Lampung, Kendari Sulawesi Tenggara & Timika Papua. Dengan personil yang ikut Dr.Supangat Rohani, Dr.Suprianto, Dr. Roudhotul Jannah, Khaulah Ishomuddin PhD, Zulfaturrahmah, Paiqoh, Sari Sopiyati, Budi Istianah, Retno Kartini, Novita, Siswayanti, Arneti, Neneng Hodijah, Henny Rusdiana, Sudarlan Sariyan, Mad Soim Hafidin, Muhammad Faris, dan penangung jawabnya Rahmawati

Tujuan inti kami dalam perjalanan ini adalah belajar dari sekolah yang umurnya 90 tahun dan sekaligus mencetak para menteri di Asia Tenggara yaitu sekolah Islam Al Juneyd Singapore, setidaknya tercatat ada beberapa menteri di tiga negara Malaysia, Bruney dan Singapore yang merupakan alumni dari sekolah ini, dan mereka pun sekarang menyekolahkan putra putrinya tetap di sekolah yang hampir satu abad ini.

Sebagai hiburannya kami juga meng-eksplore sisi lainnya yang tidak ada di Indonesia, seperti indah dan rapinya singapore river dengan Merlion sebagai iconnya nya, Garden By The Bay, Bugis Street, Lucky Plaza, Dan juga Sentosa Island. Banyak hal yang kita bisa belajar dari negeri mungil ini, baik kedisiplinan, keindahan, kebersihannya, maupun lainnya.

Dalam catatan kami, ini bukan kali pertama penulis mendampingi program meng-eksplore pendidikan luar negeri setidaknya tercatat ada 8 (depalan) kali yaitu tiga kali ke Kuala Lumpur negeri Malaysia dan juga tiga ke negeri Singapore serta dua kali ke Bangkok Thailand, dalam bulan ini kami juga akan menggenapi tiga kali ke Bangkok, niat kami segera akan mengeksplor negeri Jepang dan Sydney Australia.

Semoga dengan menggali pendidikan atau sekolah terbaik di negeri tentangga akan dapat menginspirasi kita semua selaku pengelola lembaga sekolahan yang tidak hanya untuk kemajuan lembaga kita namun tentunya demi anak didik kita. Mari bergabung untuk kemajuan pendidikan bagi bangsa kita ini. ***

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

*