Cermin: Sajak-sajak Edi Sugianto

Rubrik Puisi/Sastra Oleh

CERMIN 1

Aku mengelilingi laut ini,
bukan untuk berkelana
Tapi untuk bercermin diri,
Siapa ‘ku sebenarnya?

dalam diriku meraung gelombang,
ammarah namanya
dalam nadiku berkejaran ombak,
lawwamah namanya
dalam jiwaku mengalun arus,
muthmainnah namanya
dalam hatiku ada yang mencipta segalanya,
allah namanya.

(Edi Sugianto, Sumenep, 2: 1: 2017)

CERMIN 2

Cermin ini menembus apa saja. Matanya yang tajam merekam kefanaan dan kekekalan. Sebelum ada dan setelah tiada!

Menyimpan bayang-bayang masa lalu. Mengendus masa depan. Lalu menghimpunnya dalam bait-bait yang padu, tetapi tak banyak yang menjadikannya “cermin keabadian”!

(Edi Sugianto, Sumenep, 2: 1: 2017)

CERMIN 3

“Apa yang kita dapatkan dari laut ini?” seekor semut bernyanyi. Intan berlian? Karang-karang? Keasrian pantai? Atau putri duyung yang enggan mengarungi daratan?

Tidak! Sudah banyak yang tenggelam. Mengira, bahwa laut segalanya. Tidak!

Laut adalah cermin:
antara hidup dan kematian!
Kemanakah kita berlayar?

(Edi Sugianto, Sumenep, 2: 1: 2017)

EDI SUGIANTO (Esug), lahir di Sumenep, 22 September 1989 (28 tahun), dari pasangan H. Abd Lathif dan HJ. Holifah. Lulus SD Gedugan I (1996-2001), MTs Al-Hasan Somber Giligenting (2002-2004). TMI Al-Amien Islamic Boarding School, Sumenep Madura (2005-2008), S1- Universitas Muhammadiyah Jakarta (2009-2013). Kegemaran menulis dimulai sejak nyantri di Pesantren Al-Amien. Saat ini tulisannya berupa esai, resensi, dan puisi telah dimuat di berbagai media (cetak, dan online) nasional, seperti koran Kompas, Republika, Koran Tempo, dll. Majalah, Tabloid, Jurnal Kampus, dan Agupena (online). Bukunya yang telah terbit, Menyalakan Api Pendidikan Karakter (2016). 99 Api Berlayar (2016). Tuhan dalam Rintik Hujan (2017). Cinta dalam Secangkir Kopi (2017). Di samping itu, ia juga berkiprah sebagai guru agama Islam di SMA Muhammadiyah 11, Rawamangun, Jakarta Timur, dan SMK Muhammadiyah 15, Setiabudi, Jakarta Selatan. Sekretaris Majelis Pendidikan Kader, PCM Rawamangun (2015-2020). Di waktu luangnya, anggota AIS (Arsenal Indonesia Supporter) ini, punya hobi main futsal, Football PlayStation, seni vocal (nyanyi dan qiroah). Email: esug_L2s@yahoo.com. Facebook: Edi Sugianto Sug.

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

*