DI MANAKAH RUMAH TUHAN?: Sajak-sajak Edi Sugianto

Rubrik Puisi/Sastra Oleh

DI MANAKAH RUMAH TUHAN?

Di manakah rumah tuhan sebenarnya? Baitullah-kah? Betlehem-kah? Atau di gambar-gambar rekayasa jari jemari berlumur dosa?

Bukan aku tak percaya, itu ada. Ya sudahlah, tapi….! Mungkinkah membangun rumah untuk tuhan yang tiada tara?

Jangan menista dia yang maha. Kita seringkali menyembah selainnya tanpa merasa dalam politeisme buta.

Rumah tuhan hanya ada dalam diri kita!

(Edi Sugianto, Jakarta, 28: 1: 2017)

DONGENG SEBELUM TIDUR

Sebelum meninggalkan suasana ini, aku pastikan jari-jari habis terhitung, tiga puluh tiga kali; dikali tiga.

Sebelum menanggalkan hati, aku pastikan segalanya bersih, seperti melati.

Sebelum berakhirnya kegelapan nanti, aku pastikan takhalli, tahalli, dan tajalli telah tertata rapi.

Sebelum benar-benar sunyi, aku pastikan bisa kembali!

Amin!

(Edi Sugianto, Jakarta, 19: 1: 2017)

KEPADA GUSTI ALLAH

Seperti ketaksaanku: senyum-Mu seperti apa? Terlalu lama bersenandika, dengan bayang-bayang, ‘ku enggan bersawala. Kini kutenggelam dalam renjana!

Biarlah! ‘ku nikmati wajah-Mu dengan suryakanta, lalu kuunggah di laman terindah. Suatu masa, sajak-sajakku pasti terbuka!

“Aku?”
???
Semoga!
!!!

(Edi Sugianto, Jakarta, 18: 1: 2017)

EDI SUGIANTO (Esug), lahir di Sumenep, 22 September 1989 (28 tahun), dari pasangan H. Abd Lathif dan HJ. Holifah. Lulus SD Gedugan I (1996-2001), MTs Al-Hasan Somber Giligenting (2002-2004). TMI Al-Amien Islamic Boarding School, Sumenep Madura (2005-2008), S1- Universitas Muhammadiyah Jakarta (2009-2013). Kegemaran menulis dimulai sejak nyantri di Pesantren Al-Amien. Saat ini tulisannya berupa esai, resensi, dan puisi telah dimuat di berbagai media (cetak, dan online) nasional, seperti koran Kompas, Republika, Koran Tempo, dll. Majalah, Tabloid, Jurnal Kampus, dan Agupena (online). Bukunya yang telah terbit, Menyalakan Api Pendidikan Karakter (2016). 99 Api Berlayar (2016). Tuhan dalam Rintik Hujan (2017). Cinta dalam Secangkir Kopi (2017). Di samping itu, ia juga berkiprah sebagai guru agama Islam di SMA Muhammadiyah 11, Rawamangun, Jakarta Timur, dan SMK Muhammadiyah 15, Setiabudi, Jakarta Selatan. Sekretaris Majelis Pendidikan Kader, PCM Rawamangun (2015-2020). Di waktu luangnya, anggota AIS (Arsenal Indonesia Supporter) ini, punya hobi main futsal, Football PlayStation, seni vocal (nyanyi dan qiroah). Email: esug_L2s@yahoo.com. Facebook: Edi Sugianto Sug.

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

*