Sekali Mendayung, Dari Pelatihan Jurnal Artikel Ilmiah, Launching  Hingga Raker Wilayah Agupena SulSel

Rubrik Berita/Kegiatan Oleh

Liputan Permata Hati

Salah satu upaya untuk meningkatkan daya saing sekolah dan perguruan tinggi adalah melalui peningkatan kualitas dan kuantitas publikasi. Peranan  sekolah  dan perguruan tinggi dalam pembangunan ilmu pengetahuan dan teknologi tidak hanya berasal dari kontribusi lulusannya yang bermutu, akan tetapi juga dari hasil penelitiannya yang relevan terhadap pengembangan keilmuan dan kebutuhan pembangunan. Hasil-hasil penelitian atau artikel ilmiah perlu disebarluaskan kepada para peneliti lain maupun masyarakat pengguna, termasuk industri yang langsung dapat memanfaatkannya.

Kemampuan menulis masyarakat ilmiah di Indonesia dirasakan masih belum optimum sehingga kemauan untuk menulis artikel ilmiah yang dipublikasikan masih terus harus dipacu. Publikasi hasil-hasil penelitian para Akademisi dinilai masih sangat kecil untuk dipublikasikan di Jurnal Nasional maupun Jurnal Internasional. Berdasarkan kondisi yang ada selama ini, untuk memacu peneliti atau penulis dalam mempublikasikan hasil karyanya di tingkat Nasional maupun Internasional, AGUPENA PROV. SULSEL  pada hari Ahad, 19 Maret 2017 yang bertempat di Hotel Prima Makassar mengadakan “Pelatihan Penulisan Jurnal Ilmiah Angkatan I dan Rapat Kerja Wilayah Agupena SulSel ”. Acara ini diikuti oleh sekitar 30 orang peserta dari berbagai kalangan baik sekolah maupun  perguruan tinggi di SulSel.  Acara tersebut juga dirangkaikan dengan :

  1. Lunching Jurnal Panritapena
  2. Launcing Buku Harmoni pena
  3. Launching Agupena Magazine
  4. Launching websita agupena sulsel
  5. Pengukuhan/Pelantikan Pengurus Agupena cabang Makassar
  6. Pengukuhan/Pelantikan FPM Simpul Pena Agupena SulSel

Kegiatan tersebut, dihadiri oleh  Kepala Dinas Pendidikan  Provinsi Sulawesi Selatan yang diwakili oleh Kasubag TU  P3GTK Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan,  Kepala LPMP Provinsi Sulawesi Selatan, Kepala Perpustakaan Wilayah Provinsi Sulawesi Selatan, Kepala Perpustakaan UNM serta Sekjen Asosiasi Penulis Profesional Indonesia  Prov. SulSel.

Dok. 19 Maret 2017. Launching Buku Harmoni Pena, Jurnal Panrita Pena, Agupena Magazine, Website Agupena SulSel
Dok. 19 Maret 2017. Pelantikan Pengurus Simpul Pena Wilayah SulSel
Dok. 19 Maret 2017. Pengurus Wilayah,Kepala LPMP, Kasubag TU P3GTK Dinas Pendidikan Prov.SulSel

Kepala LPMP SulSel, Abdul Halim Muharram dalam sambutannya memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Agupena Sulawesi Selatan sebagai organisasi yang ikut berkontribusi terhadap kemajuan pendidikan di Sulawesi Selatan. Lanjut beliau mengatakan bahwa ini adalah wujud nyata kehadiran Agupena, salah satunya dengan diadakannya pelaksanaan kegiatan  pelatihan penulisan artikel jurnal ilmiah tersebut. Sementara itu Kasubag TU P3GTK ibu Fatima Azis dalam sambutannya mengatakan bahwa penulisan artikel jurnal ilmiah yang diinisiasi oleh Agupena adalah langkah yang diharapkan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan. Dalam rangka meningkatkan kualitas dibutuhkan kualitas yang baik, oleh karena itu profesionalisme seorang guru sangat penting dan guru dituntut untuk meningkatkan kualitasnya. Sehingga  pelatihan menulis sangat diperlukan untuk guru demi profesionalismenya.

Tampil menjadi pemateri pada sesi I adalah Prof. Oeslan Jumadi, Ph.D dengan materi “Menulis Jurnal Ilmiah Internasional”  yang dipandu oleh moderator  Arif Sikki, S.Sos. Sementara Sesi II dengan materi “Template Penulisan Jurnal Ilmiah”  dibawakan oleh Yasser Arafat, S.Kom yang dipandu oleh moderator Maurensyiah P., S.S., M.Pd. ***

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

*