Integrasi Pembelajaran dalam Event

Rubrik Berita/Pendidikan Oleh

Oleh : Fortin Sri Haryani

Jumat, 17 Maret 2017 kembali diadakan event Nusantara Day 2 di SIT Fajar Hidayah Kota Wisata, sabagai kelanjutan dari event Nusantara Day pada Senin, 13 Maret 2017.

Tokoh yang menghadiri event ini adalah Gubernur Jawa Barat Dr. H. Ahmad Heryawan, Lc. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa event yang diselenggarakan sangat menarik, “Fajar Hidayah sabagai sekolah unggulan mampu menampilkan keragaman budaya dari barat hingga timur Indonesia melalui berbagai penampilan siswa, dan kegiatan seperti ini dapat ditiru oleh sekolah-sekolah lainnya”.

Presiden Direktur Fajar Hidayah, Ust Mirdas Eka Yora, Lc, M.Si juga memyampaikan dalam sambutannya bahwa Nusantara Day dapat mendidik siswa, “Event Nusantara Day sebagai ajang untuk mendidik anak agar menjadi wise, kreatif dan memiliki jiwa nasionalisme, menjadikan keragaman bangsa sabagai keunggulan, bersatu padu untuk untuk kemajuan bangsa.”

Sebagai upaya merefresh kembali wawasan serta skill guru, dalam rangkaian acara diselenggarakan workshop “Classroom Management” yang diikuti 150 guru dari sekolah sekitar baik dari jenjang TK hingga SMA sejabodetabek. Dalam workshop diajarkan bagaimana mengelola kelas dan siswa dengan baik melalui penerapan rules di kelas. Alhamdulillah para guru mengikuti workshop dengan antusias hingga selesai. Di sela – sela workshop peserta juga berkesempatan melakukan touring kelas.

Penulis melihat keterlibatan siswa dalam event baik sebagai pembawa acara ataupun tampil di atas panggung sebagai aktualisasi diri dan mengasah soft skill siswa seperti keberanian dan kepercayaan diri. Berbagai karya yang terpampang di dinding dan sepanjang koridor sebagai hasil imajinasi dan kreativitas siswa sekaligus menginformasikan bahwa pembelajaran berbasis siswa (student centered learning) akan optimal bila guru lebih berperan sebagai fasiltator. Disini siswa berperan sebagai subjek pendidikan bukan sekedar objek pendidikan.

Penyelenggaraan event sebagai bagian dari proses pembelajaran memang membutuhkan beberapa persiapan dan strategi agar tercapai tujuan yang diinginkan. Berikut beberapa tips agar siswa dapat terlibat secara mendalam sekaligus memaknai bahwa event merupakan ajang untuk menambah pengalaman dan wawasan .

Sosialisasikan latar belakang dan tujuan diadakannya event kepada seluruh siswa dan orang tua agar terjadi persamaan persepsi dan semangat kebersamaan mencapai tujuan.

Libatkan siswa dalam kepanitiaan, agar mereka memiliki rasa self belonging terhadap event yang diselenggarakan. Berikan project dengan arahan yang jelas, untuk meningkatkan kecerdasan sosial baiknya dibuat kelompok kecil yang terdiri dari 3 – 5 siswa sehingga mereka berkolaborasi dan tercipta cooperative learning community. Berikan reward berupa nilai yang sesuai dengan mata pelajaran yang relevan atau penambahan poin penghargaan afektif.

Pada saat event berikan tugas agar mereka fokus terhadap target yang ingin dicapai, misalnya pemberian form isian tantang isi sambutan dari para tamu, lomba yang diikuti, latar belakang dan tujuan event atau ringkasan workshop dan seminar yang diikuti.

Dokumentasi dan publikasi dapat melibatkan siswa dengan membentuk klub jurnalis misalnya. Mereka dapat mewawancarai tamu, guru atau orang tua untuk dijadikan bahan liputan.

Event sebagai bagian pembelajaran mendidik siswa untuk mandiri, kreatif, berwawasan dan berjiwa problem solver. ***

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

*