SMPN 1 ADONARA TENGAH GELAR DIKLAT MENULIS

Rubrik Berita/Kegiatan Oleh

SMPN 1 ADONARA TENGAH GELAR DIKLAT MENULIS
(DUKUNG GERAKAN LITERASI)

Senin, 10 April 2017 SMP Negeri 1 Adonara Tengah menggelar kegiatan Diklat Menulis. Tema kegiatan ini ” Membentuk Siswa Intelek, Berwawasan dan Terampil Menulis. Hadir dalam Kegiatan ini Gergorius Loli Mawar, S.Pd (Kepala Sekolah) dan guru-guru, juga siswa-siswi kelas VII dan VIII sebanyak 52 orang sebagai peserta diklat, dalam kegiatan ini pihak sekolah mengundang tiga orang narasumber dari Agupena Flores Timur yakni Maksimus Masan Kian, S.Pd (ketua Agupena Cabang Flores Timur), Muhammad Sholeh Kadir, S.Pd (sekretaris Bidan Pendidikan dan Pelatiahan Agupena Cabang Flores Timur) beserta Asy’ari Hidayah Hanafi, S.Pd (Kordinator Agupena Kecamatan Adonara Tengah).

Gergorius Loli Mawar, S.Pd menyatakan bahwa praktik pendidikan perlu menjadikan sekolah sebagai organisasi pembelajaran agar semua warganya tumbuh sebagai pembelajar sepanjang hayat. Dan kegiatan serupa merupakan pendukung program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam mengembangkan Gerakan Literasi Sekolah (GLS).

Maksimus Masan Kian menyampaikan profisiat karena baru lima hari yang lalu tepatnya hari Rabu, 5 April 2017 Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga mengeluarkan surat edaran kepada Lembaga Pendidikan Formal dan Non Formal disemua jenjang tentang Gerakan Literasi Sekolah Menuju Kabupaten Literasi dengan nomor : PKO.420/113/SEKRET 1/2017. Hari ini SMP Negeri 1 Adonara Tengah meresponnya dengan melaksanakan kegiatan ini. Inti dari surat ini adalah mengajak kita semua agar bergerak menjalankan program Gerakan Literasi. Pungkas Maksi.

Senada dengan Maksimus Masan Kian, Kaur Kesiswaan Siprianus Sili Ua, S.Pd disela kegiatan menyatakan bahwa SMP Negeri 1 Adonara Tengah sebagai satu-satunya lembaga Negeri Tingkat Pertama di wilayah Adonara Tengah dengan sesegera mungkin mengeksekusi program ini. SMP Negeri 1 Adonara Tengah menjadi sekolah pertama merespon himbauan ini setelah dikeluarkan surat edaran tersebut dengan mengadakan kegiatan Diklat Menulis, dalam kegiatan ini ada tiga materi yang di sajikan yakni, Motivasi Menulis, Jurnalistik Sekolah dan Menulis Puisi. Bukan baru kali ini kegiatan atau Diklat Menulis ini dilaksanakan. Pada tahun 2015 yang lalu kegiatan seruapa juga pernah dilaksanakan di Lembaga Pendidikan ini. Artinya kegiatan hari ini selain merespon surat edaran tersebut akan tetapi menjadi tindaklanjut dari kegiatan sebelumnya.

Salah seorang siswa Melania Kewa Deran merasa senang dengan kegiatan ini, kegiatan ini sangat bermanfaat, sebab dengan kegiatan ini saya dan teman-teman dapat menyalurkan bakat serta potensi dalam menulis. Semoga kegiatan serupa dapat dilaksanakan pada setiap lembaga pendidikan demi terwujudnya Flores Timur Sebagai Kabupaten Literasi. Harap Kewa Deran. ( Asy’ari Hidayah Hanafi, S.Pd (Kordinator Agupena Kecamatan Adonara Tengah).

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

*

Tulisan Terbaru tentang Berita

Go to Top