Upaya Peningkatan Minat Baca bagi Anak

Rubrik Pendidikan Oleh

Oleh Tawakkal. Pengurus Agupena Cab. Bulukumba.

             Membaca adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh seseorang dengan tujuan untuk mendapatkan informasi dari buku atau sumber yang dibaca. Baik melalui buku pelajaran, buku referensi, majalah, media televisi, dan sebagainya. Dengan membaca pengetahuan akan menjadi lebih luas, mempunyai banyak pengetahuan tentang segala ilmu, baik secara nasional, internasional, pengetahuan alam semesta, sosial, budaya dan sebagainya. Dengan ilmu pengetahuan yang dimiliki, negara Indonesia yang kita cintai ini akan lebih maju dan terus berkembang. Namun, kenyataan yang terjadi sekarang banyak anak yang sudah tidak gemar lagi membaca. Ini adalah sebuah tantangan besar bagi para orangtua, guru, serta seluruh lapisan masyarakat. Buku hanya dibiarkan berdebu hingga usang tanpa tersentuh sama sekali, buku hanya dijadikan sebagai pajangan semata di meja belajar. Penurunan minat membaca yang terus terjadi akan memberikan dampak penurunan kederdasan bagi anak, kurangnya wawasan, pengetahuan, hingga sampai pada dampak pengangguran yang berkepanjangan. Padahal, bila kita menyadari di dalam sebuah buku terdapat ribuan hingga jutaan ilmu yang terkandung di dalamnya. Penurunan minat membaca dipengaruhi oleh banyak aspek. Antara lain :

  • Hilangnya Kesadaran akan Pentingnya Membaca.

Buku adalah jendela ilmu. Ungkapan ini adalah sebuah ungkapan yang benar adanya dan dapat dibuktikan. Dengan buku seseorang dapat dengan mudah memperoleh ilmu pengetahuan. Namun, tanpa kesadaran akan pentingnya sebuah buku dan ilmu pengetahuan maka tentu akan mempengaruhi minat membaca. Maka mulai dari sekarang, marilah menjadikan hobby membaca menjadi sebuah kebutuhan. Ini akan membuat minat baca akan terus berkembang dan menjadi budaya hingga generasi bangsa yang akan datang.

  • Kurangnya Motivasi

Minat membaca bagi anak secara umum juga dipengaruhi oleh kurangnya motivasi. Tanpa motivasi minat akan menjadi berkurang. Motivasi diperlukan mulai dari motivasi dari orang tua, keluarga hingga guru. Berikanlah motivasi gemar membaca bagi anak agar minat anak akan lebih berkembang. Berikanlah pengertian tentang bagaimana membaca yang baik, apa tujuan membaca, serta manfaat-manfaat yang diperoleh dari membaca buku.

  • Pengaruh Media yang Semakin Canggih

Era sekarang adalah era yang serba canggih. Dengan teknologi semua pekerjaan dan aktivitas dapat berjalan tanpa perlu mengeluarkan biaya dan tenaga yang banyak. Sebagai contoh, tanpa susah-susah kita dapat memesan makanan hanya  melalui internet, berkirim foto dengan mudah, menonton acara di televisi baik acara nasional hingga mancanegara di mana dan kapan saja, memesan tiket pesawat hanya dengan melalui internet tanpa harus berkunjung lagi ke tempat penyedia tiket, dan sebagainya. Itulah beberapa keunggulan dan kemudahan dengan adanya informasi dan teknologi yang semakin canggih. Namun dibalik teknologi yang canggih, ada beberapa dampak yang kurang baik yang ditimbulkan dan memerlukan pencegahan sejak dini. Sebagai contoh dengan adanya televisi, komputer, handphone bisa saja membuat dan menyita lebih banyak waktu anak dibanding membaca buku. Oleh sebab itu, tanamkan bagi anak serta beri perhatian bagi anak agar bisa membagi waktu antara belajar dan hiburan. Gunakan media  dengan bijak.

            Beberapa hal di atas merupakan penyebab kurangnya minat baca bagi anak. Hal inilah yang perlu disadari baik bagi orang tua, anak itu sendiri hingga para guru di sekolah. Berikan kesadaran, motivasi, serta perhatian bagi anak terutama dalam hal pembelajaran seperti membaca buku. Selain dari itu, terdapat beberapa langkah yang diharapkan dapat meningkatkan minat baca bagi anak baik di lingkungan sekolah maupun di lingkungan keluarga, yaitu :

  1. Menciptakan proses pembelajaran di sekolah yang lebih mengarahkan para peserta didik untuk rajin membaca buku. Sebagai contoh, buatlah jadwal di semua kelas untuk membaca buku sebelum proses pembelajaran dimulai. Dengan melalui proses pembelajaran ini tentu para peserta didik akan lebih rajin dan terbiasa dalam membaca buku. Mengingat informasi yang dibaca melalui evaluasi yang dilakukan secara terjadwal, hingga pada pemberian hadiah-hadiah kecil sebagai penghargaan bagi peserta didik. Dengan cara ini, informasi yang didapatkan dari kegiatan membaca tadi tidak serta merta dilupakan begitu saja. Peserta didik akan lebih termotivasi dan gemar membaca dengan adanya pemberian penghargaan.
  2. Penyediaan bahan-bahan bacaan di sekolah yang memadai serta sesuai dengan umur para peserta didik. Tentu dengan adanya bahan bacaan yang memadai para peserta didik akan lebih gemar membaca. Buku bacaan dengan gambar menarik, penataan ruangan dengan bahan pajangan yang berisi tulisan-tulisan secara tidak langsung akan meningkatkan minat baca bagi anak. Penyediaan program meminjam buku juga merupakan langkah yang dapat membantu para peserta didik serta akan merasa terpanggil untuk terus mau membaca buku.
  3. Membuat jadwal kunjungan perpustakaan setiap minggu di setiap kelas. Dengan adanya jadwal ini, anak akan terus mengingat perpustakaan. Jadwal ini dibuat dengan pengawasan masing-masing guru atau petugas khusus perpustakaan.
  4. Membuat waktu membaca di rumah bersama orang tua. Cara ini akan menambah minta anak dalam membaca. Tak hanya di sekolah, dengan kebiasaan membaca di rumah oleh pengawasan dari orang tua akan meningkatkan minat membaca bagi anak. Berikan tugas membaca atau tugas bedah buku bagi Seperti tugas mencari arti kata, tugas membuat rangkuman buku dan sebagainya. Selain itu, aturlah jadwal anak dirumah dengan bijak. Di samping membaca buku, berikan waktu untuk bermain, menonton acara-acara menarik sesuai umur mereka, sehingga anak tidak merasa jenuh.
  5. Mengadakan pameran-pameran buku di sekolah. Langkah ini juga merupakan salah satu langkah membuat minat baca bagi anak akan meningkat. Dengan adanya pameran-pameran buku murah di sekolah akan membuat anak bisa menentukan sendiri jenis buku yang diinginkan. Jangan memberikan patokan khusus sebagai bahan bacaan anak. Berikan hal tersendiri bagi anak untuk memilih buku yang dirasa cocok dengan dirinya. Yang terpenting adalah bahan bacaan harus sesuai dengan umur mereka.
  6. Membuat program lomba membaca serta lomba bercerita di sekolah. Dengan adanya event-event yang terus dilakukan di sekolah membuat seluruh peserta didik akan merasa terpanggil dan termotivasi untuk terus rajin membaca. Walaupun hanya dengan pemberian penghargaan sederhana setiap anak akan terus berminat untuk membaca. Di samping mendapatkan ilmu dari buku juga akan mendapatkan hadiah dari kegiatan yang diikuti.
  7. Memberikan pemahaman tentang manfaat membaca buku. Berikan penjelasan dan pemahaman bagi anak tentang tujuan serta manfaat yang diperoleh dari membaca. Langkah ini juga akan membuat anak akan terus merasa terpanggil untuk terus membaca buku.

Langkah-langkah di atas merupakan langkah membuat minat membaca bagi akan akan terus meningkat. Dengan membaca buku ilmu akan terus bertambah. Hal terpenting adalah bagaimana agar anak mempunyai kesadara tinggi dalam membaca buku. Sebagai kesimpulan, bahwa dengan adanya minat baca yang dimiliki oleh anak secara langsung dapat meningkatkan prestasi bagi anak, meningkatkan pengetahuan, perubahan sikap disiplin yang lebih baik, penekanan angka pengangguran serta akan memberikan budaya yang baik bagi generasi-generasi penerus bangsa, demi bangsa Indonesia yang lebih maju, berkarakter, dan lebih baik serta mampu bersaing dengan negara-negara maju di dunia.

 

Lahir di Gowa / Maroanging 13 Oktober 1986. Alamat Dusun Dauhe, Desa Darubiah, Kec. Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan. Penulis merupakan alumni Universitas Muhammadiyah Makassar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, jenjang Strata Satu (S-1) PGSD. Mempunyai hobby, menulis, membaca, olahraga, travelling, dan sebagainya. Di samping sebagai guru pada Sekolah Dasar, penulis juga aktif dalam berbagai organisasi profesi. Kritik dan saran sangat diharapkan dan bisa disampaikan lewat akun facebook Tawakkal Thu Alallah atau ponsel/WA di 085255991914. http://tawakkalthualallah.blogspot.com. Kini menjadi Pengurus Agupena Cab. Bulukumba.

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

*