Bertemu Alumni Washington DC

Rubrik Kegiatan Oleh

Serial Tiga Hari di Bangkok (2)
Oleh Yanuardi Syukur

Tak lama setelah mendapatkan undangan dari Vlad Spencer, saya kemudian mencari informasi siapa saja yang pernah hadir dalam kegiatan di Washington D.C. Di daftar pembicara Bangkok Forum ada nama Astri yang bekerja di Setjen ASEAN. Saya mengirim pesan kepadanya, dan berdiskusi soal apa saja yang perlu dipersiapkan sebelum ke Bangkok. Akhirnya, saya juga mendapatkan nama lain, yaitu Anna Christi Suwardi, dan mengontaknya di Facebook. Pada suatu waktu di Januari akhirnya kita bertemu di Senayan City tiga orang untuk sharing dan membahas persiapan sebelum ke negeri gajah putih.

Dalam pertemuan tersebut Anna bercerita pengalamannya waktu ke DC mengunjungi beberapa lembaga think tank, berdiskusi, dan terlibat dalam beberapa kegiatannya. Dalam kegiatan tersebut menurut Anna, ia mendapatkan kesan tentang pentingnya think tank di Amerika serta bagaimana membangun lembaga tersebut dengan sebaik mungkin. Maka, Bangkok Forum yang digelar pasca pertemuan 20-an orang yang ke DC tersebut menjadi penting untuk dilaksanakan.

Selain itu, saya juga bertemu dengan Ibrahim Almuttaqi, alumni Program Think Tank yang sebelumnya hadir di Washington DC.Saya bertemu tidak sengaja di The Habibie (THC) saya bertanya, “Kenal Mas Ibrahim Almuttaqi, mas?”Dan, ternyata, beliaulah orangnya.Waktu itu saya menghadiri undangan berkala dari THC. Ibrahim adalah “blasteran” Indonesia-Malaysia yang lama menetap di Inggris kemudian menetap di Jakarta beberapa tahun terakhir sebagai Direktur Program ASEAN THC. (Bersambung) ***

Dosen dan peneliti bidang Antropologi Sosial yang menulis 60 buku berbagai genre (Islam, Timur Tengah, biografi, dan motivasi, riset sosial). Beberapa bukunya dikaji sebagai tugas akhir di perguruan tinggi dan didokumentasikan di berbagai perpustakaan di Indonesia, Singapura, dan Australia. Pada tahun 2017, buku yang diinisiasinya "Hidup Damai di Negeri Multikultur" (GPU, 2017) diluncurkan di Kedubes Australia. Ia pernah diundang sebagai narasumber di Kuala Lumpur, Bangkok, beberapa stasiun televisi Indonesia dan MBC Korea. Saat ini, mahasiswa S3 Antropologi FISIP UI ini menjadi Ketua Bidang Usaha dan Jasa Penulisan/Penerbitan Agupena Pusat.

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

*

Tulisan Terbaru tentang Kegiatan

Go to Top