Mencari Cendekiawan Muslim Indonesia

Rubrik Kegiatan Oleh

Serial Tiga Hari di Bangkok (8)
Oleh Yanuardi Syukur

Saat makan malam di pinggir kolam renang, saya ngobrol sekitar 30 menit intensif dengan Aan Rukmana, peserta asal Indonesia yang juga sesama alumni Muslim Exchange Program (MEP) Indonesia-Australia. Sebelum berangkat ke Bangkok, saya telah mendapatkan kabar dari teman di grup Whatsapp MEP Alumni bahwa Kang Aan juga hadir di kegiatan tersebut.Maka, ketika tiba di lokasi saya pun bertanya apakah beliau sudah di ruangan juga atau belum?

Saat makan malam tersebut kami bercerita beberapa terutama yang cukup panjang adalah soal cendekiawan muslim di Indonesia. Saya bertanya, “Siapakah saat ini cendekiawan muslim Indonesia yang seperti Cak Nur?”

Kang Aan menjawab, “Tidak ada lagi, karena saat ini tidak banyak yang bisa memadukan antara ilmu agama dengan umum.” Beberapa tokoh muda muslim lebih banyak membahas fenomena sosial politik dari perspektif barat ketimbang menggali dari khazanah Islam. Bahkan, kata Aan lagi, ada juga penulis muslim yang terbiasa meminum bir ketika disuguhkan, yang berbeda sekali dengan karakter Cak Nur.

“Walaupun Cak Nur kontroversial akan tetapi ia diback-up oleh para ulama karena ia punya karakter,” kata Aan, seperti santun, tenang, dan menggali dasar-dasar keislaman yang dimulai dari pembebasan manusia lewat tauhid. (Bersambung) ***

Dosen dan peneliti bidang Antropologi Sosial yang menulis 60 buku berbagai genre (Islam, Timur Tengah, biografi, dan motivasi, riset sosial). Beberapa bukunya dikaji sebagai tugas akhir di perguruan tinggi dan didokumentasikan di berbagai perpustakaan di Indonesia, Singapura, dan Australia. Pada tahun 2017, buku yang diinisiasinya "Hidup Damai di Negeri Multikultur" (GPU, 2017) diluncurkan di Kedubes Australia. Ia pernah diundang sebagai narasumber di Kuala Lumpur, Bangkok, beberapa stasiun televisi Indonesia dan MBC Korea. Saat ini, mahasiswa S3 Antropologi FISIP UI ini menjadi Ketua Bidang Usaha dan Jasa Penulisan/Penerbitan Agupena Pusat.

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

*

Tulisan Terbaru tentang Kegiatan

Go to Top