TURUT PEDULI TERHADAP DUNIA PENDIDIKAN

Rubrik Berita/Literasi Oleh

(Dalam Gerakan Katakan Dengan Buku)

Siang itu 23 Maret 2017, saya berkunjung ke desa Redontena. Seperti biasa, setiap hari saya berkunjung dari desa yang satu ke desa yang lain dalam menjalankan tugas Pendampingan Penggunaan Dana Desa. Sebagai aktifis saya menaruh peduli terhadap dunia pendidikan, dan terpanggil untuk mengambil bagian dalam menyukseskan program Gerakan Katakan Dengan Buku (GKDB) dari Agupena Flores Timur.

Saya berkesempatan mengunjungi Sekolah Dasar Katolik (SDK) Wuaone Desa Redontena Kecamatan Kelubagolit, Kabupaten Flores Timur. Saya ditemani Agustinus Bala Beda yang adalah Aparat Desa Redontena. Tiba di SDK Wuaone, kami disambut oleh Kepala Sekolah (Kasek) Kristianus Mangu Tupen dengan sangat ramah. Berbincang-bincang sebentar dengan Kepala Sekolah untuk menyampaikan maksud dan tujuan kehadiran kami di sekolah tersebut. Kamipun didampingi Bapak Kasek ke sebuah ruangan yang rupanya di sana sudah menunggu anak-anak serta Bapak dan Ibu guru.

Setelah menyampaikan sambutan pembukaan, Kepala Sekolah memberi kesempatan seluas-luasnya kepada saya bersama teman, untuk membangun dinamika bersama anak-anak didik di Lembaga Pendidikan tersebut. Kamipun saling berkenalan, anak-anak maju satu persatu untuk memperkenalkan diri dengan menyebut nama, kelas dan cita-cita. Mental anak-anak SDK Wuaone sangat bagus, hal ini ditandai dengan kemampuan mereka berbicara di depan kelas ketika dipanggil untuk maju dan memperkenalkan diri. Anak-anak, kita memang tinggal di pelosok negeri ini, jauh dari kota tetapi cita-citamu harus tinggi, harus tinggi melampaui sebuah pesawat terbang di udara. Ketika memperkenalkan diri banyak yang bercita-cita jadi guru, ada seorang anak bernama Stefiana bercita-cita jadi dokter, Santos bercita-cita menjadi Brimob, Yono bercita-cita jadi tentara, Agata bercita-cita jadi Pramugari, dan lain-lain.

Dalam kesempatan itu sedikitnya 200 Exmplar buku bacaan anak dibagi untuk anak-anak SDK Wuaone. Mereka nampak antusias berebutan buku yang dibagikan dan lansung membacanya. Setelah membagikan buku-buku bacaan, kami memberikan pesan-pesan motifasi bagi anak-anak, tentang pentingnya aktivitas membaca. Mengakhiri kegiatan kami siang itu dengan foto bersama di depan sekolah.

Bagi kami, menumbuhkan minat baca bagi anak adalah sebuah langkah strategis dalam memacu pertumbuhan kualitas pendidikan menjadi lebih baik. Salam Edukasi, salam literasi. (Yohanes Rou Boli-Simpatisan Agupena Flotim Kecamatan Witihama) ***

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

*