EduFair sebagai Ajang Silaturahmi Antar-Sekolah dan Perguruan Tinggi

Rubrik Berita/Pendidikan Oleh

EduFair Sebagai Ajang Silaturahmi Antar Sekolah dan Perguruan Tinggi
Oleh: Fortin Sri Haryani

Pemilihan perguruan tinggi (PT) sebagai kelanjutan pendidikan setelah SMA adalah agenda utama siswa SMA, utamanya bagi siswa kelas 12 saat ini. Dalam menentukan jurusan di PT tentunya banyak pertimbangan yang dilakukan oleh siswa, baik  bakat, kemampuan, peluang juga biaya. Kualitas PT adalah alasan utama siswa untuk menentukan pilihannya.

Tingkat kompetisi dirasa semakin ketat untuk dapat tembus PTN (Perguruan Tinggi Negeri) saat ini, khususnya melalui jalur undangan berdasarkan prestasi atau biasa disebut jalur SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri).

Dua kebijakan baru yang diberlakukan oleh panitia SNMPTN  tahun ini adalah:
Pertama, sekolah dengan status akreditasi A mendapatkan kesempatan untuk mendaftarkan 50% peringkat terbaik siswanya,  berkurang 25 % dari  tahun sebelumnya.

Kedua, pemeringkatan sepenuhnya dilakukan oleh sistem melalui data rapot yang telah di up load sekolah melalui PDSS (Pangkalan Data Siswa dan Sekolah).

Bagi siswa yang belum mendapatkan kuota pendaftaran SNMPTN atau belum lolos jalur SNMPTN tidak perlu berkecil hati. Mereka dapat mendaftar melalui jalur ujian tulis SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri). Yang jadwal pelaksanaannya setelah pengumuman  SNMPTN.

Untuk dapat lolos SBMPTN memang diperlukan persiapan khusus, karena tingkat kesulitan soal yang lumayan tinggi di jalur tes tulis ini.

Selain SNMPTN dan SBMPTN, masing-masing PTN juga memiliki jalur khas tersendiri. Misalnya di IPB ada UTM ( Uji Talenta Masuk), PIN ( Prestasi Internasional dan Nasional) dan BUD ( Beasiswa Utusan Daerah) . Atau di UI ada PPKB (Prestasi dan Pemerataan Kesempatan Belajar) dan SIMAK UI (Seleksi Masuk UI).

PTN memang acuan utama para siswa untuk melanjutkan jenjang pendidikan setelah SMA, namun bagi yang belum berkesempatan mendapatkan PTN tak perlu berputus asa. Masih ada alternatif untuk memilih PTS sesuai dengan minat, bakat serta biaya yang dimiliki.

Untuk membantu memberikan informasi PT baik negeri dan swasta, SMA Fajar Hidayah bersama LP2K (Lembaga Pendampingan Penjurusan dan Karir) mengadakan EduFair pada 4 April 2017 di gedung Fajar Hidayah Kota Wisata. Acara ini dihadiri oleh siswa SMA sekitar kecamatan Gunung Puteri dan 20 universitas baik negeri maupun swasta.

Siswa  antusias mengikuti rangkaian acara, yang terbagi dalam beberapa sesi. Pada sesi presentasi masing-masing universitas memaparkan profile beserta program unggulan universitasnya.

Di stand pameran siswa juga dapat menggali lebih dalam tentang program studi yang tersedia di masing-masing PT, bahkan yang menarik bagi pengunjung adalah hampir semua PT memberikan tawaran beasiswa bagi siswa yang berprestasi.

Siswa juga dapat berkonsultasi mengenai peluang kuliah di luar negeri beserta gambaran aktivitas harian para mahasiswa Indonesia untuk survive di luar negeri. Melalui even ini sekolah juga mendapatkan informasi tentang kemungkinan  kerjasama dengan PT dalam hal peningkatan mutu serta variasi kegiatan pembelajaran, yaitu salah satunya dengan kunjungan kampus. Melalui kegiatan ini  kampus bersedia  memberikan  workshop singkat mengenai  satu tema pembelajaran dengan nara sumber yang kompeten di bidangnya. Hal ini tentunya akan memberikan atmosfer pembelajaran yang berbeda sekaligus sebagai sarana refreshing bagi para siswa. Kolaborasi yang baik antarsekolah dengan universitas niscaya memberikan energi positif mendorong kemajuan pendidikan bangsa kita.****

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

*

Tulisan Terbaru tentang Berita

Go to Top