Menyambut Bulan Penuh Berkah

Rubrik Kegiatan/Pendidikan Oleh

Oleh Fortin Sri Haryani, S.Si., M.Pd.

Ramadhan tinggal menghitung hari, adakah yang sudah kita siapkan untuk menyambut bulan suci nan mulia. Banyak hal yang dapat kita lakukan sebagai wujud kesiapan kita menyambut Ramadhan seperti memperbanyak puasa sunah di bulan Sya’ban, bersilaturahmi dengan sanak saudara dan saling memaafkan.

Persiapan para Siswa- Siswi SMA membuat Parcel
Parcel dari para Siswa Siswi SMA siap dibagikan ke Warga Sekolah
Pemberian Parcel kepada Pak Sudin – Koordinator Pertamanan
Penyerahan parcel kepada Para Guru dan Karyawan

Namun, sebagai pendidik tentunya kita harus mampu melihat jeli tantangan yang dihadapi oleh siswa sekaligus memberikan alternatif solusi jawabannya khususnya di moment menjelang Ramadhan ini.

Remaja saat ini telah berada dalam fase perkembangan teknologi yang masiv, di satu sisi memberikan manfaat namun bila tidak bijak dalam penggunaannya justru banyak memberikan kemudharatan. Salah satu dampak negatifnya adalah timbulnya sikap individualis dan egois yang mengikis rasa empati dan kepekaan sosial. Seolah sendiri di tengah keramaian dan tidak bertegur sapa padahal saling bersebelahan.

Mengajak mereka untuk berfikir sejenak tentang andil orang lain yang telah berkontribusi dalam menjaga kenyamanan, kebersihannya, dan keamanan sekolah misalnya. Kemudian menyadarkan mereka tentang luhurnya ucapan terima kasih kepada orang-orang yang telah membantu kita. Mengenalkan indahnya berbagi dan berkasih sayang dengan sesama sekaligus membantu merancang untuk merealisasikan kegiatan adalah kegiatan yang sederhana namun sarat akan makna.

Bertepatan dengan datangnya bulan Ramadhan tahun ini dan sudah menjadi tradisi di Fajar Hidayah di setiap tahunnya, kami mengadakan kegiatan Tarhib Ramadhan (menyambut Ramadhan) . Khusus siswa SMA, salah satu rangkaian kegiatan tarhib adalah dengan mengadakan kegiatan “tahaddu tahabbu” yaitu kegiatan saling berbagi guna menebarkan rasa kasih sayang.

Di hari yang telah ditentukan setiap siswa memastikan dirinya terlibat dalam pembuatan parcel. Secara berkelompok mereka saling melengkapi isi dan menghias parcel. Meskipun bukan perlombaan, namun masing-masing kelompok berupaya menjadikan parcelnya adalah yang terbaik. Berusaha memberikan yang terbaik untuk orang-orang yang dikasihi adalah hal yang luar biasa bagi saya. Sederhana, namun ketulusan dan keinginan untuk menjalin silaturahmi sekaligus membuat orang lain bahagia adalah hal yang istimewa.

Saat ini adalah moment yang tepat untuk kembali memaknai bahwa fitrahnya kita adalah insan sosial, mengasah kepedulian dan kesadaran serta megajarkan makna rasa syukur kepada sang Pencipta adalah bagian dari ikhtiar kita guna membentuk pribadi yang berakhlak mulia generasi penerus bangsa.***

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

*

Tulisan Terbaru tentang Kegiatan

Go to Top