AGUPENA FLOTIM DONASIKAN BUKU UNTUK TK ANFRIDA

Rubrik Berita/Kegiatan Oleh

Asosiasi Guru Penulis Indonesia (Agupena) Cabang Kabupaten Flores Timur (Flotim) terus bergerak menghidupkan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di Flotim. Cara yang dilakukan Agupena Flotim dua tahun terakhir ini selain melakukan pelatihan menulis, Agupena Flotim telah menjangkau puluhan sekolah – sekolah di pelosok untuk menyumbangkan buku dalam Gerakan Katakan Dengan Buku (GKDB). Selasa (9/5/17) giliran TK Anfrida Larantuka dikunjungi Agupena Flotim.

Kehadiran Agupena Flotim diterima Kepala TK Anfrida Suster Maria Zita bersama guru dan siswa – siswi pada sekolah itu. Agupena datang membawa 100 eksmplar buku bacaan untuk anak- anak yang isinya didominasi dengan gambar, kartun, dan sebuah Majalah Dinding (Mading) berisi informasi dan gambar – gambar edukatif yang mapu merangsang kreativitas siswa dalam menghasilkan karya.

Sedikitnya 60 siswa berumur kisaran 4 – 5 tahun ini nampak gembira menerima sumbangan buku gratis. Suster Zita sebagai Kepala Sekolah turut bergembira melihat kegembiraan anak – anak. Menurut Suster Zita, sangat tepat Agupena Flotim dalam semangat membangun gerakan literasi dimulai dari anak usia dini. “Agupena Flotim dalam program kerja menghidupkan gerakan literasi di Flotim sangat tepat dimulai dari anak anak usia dini. Jika anak- anak mulai diperkenalkan buku sejak dini maka, akan lahir rasa cinta akan buku dan tanpa dipaksa, anak akan mencintai aktivitas membaca. Kami berharap, semoga ada perhatian yang terus menerus untuk kami pada lembaga pendidikan kelas dasar ini. TK menjadi dasar ilmu, keterampilan dan karakter mulai ditanam. Semoga selalu ada perhatian untuk anak – anak kami dalam upaya bersama mengembangkan bakat mereka,’kata Suster Zita.

Maksimus Masan Kian, Ketua Agupena Flotim bangga diterima di sekolah dengan sangat antusias. “Tidak banyak Suster di Nusa Tenggara Timur (NTT) yang turut mengambil peran dalam menghidupkan Gerakan Literasi terkhusus lagi di Kabupaten Flores Timur. Hari ini, kami bisa melihat semangatnya Suster Kepala Sekolah, semangat guru dan siswa di lembaga ini dalam mendukung gerakan literasi,’kata Maksi.

Maksi mengatakan, Agupena Flotim tidak sekedar hadir dan membagikan buku, secara seremonial belaka, namun jauh dari itu Agupena Flotim hadir dan membangun motivasi pada diri anak. Buku yang dibagikan, selanjutnya dapat dimanfaatkan oleh siswa di sekolah ini dengan membaca isinya. “Membaca sebuah pekerjaan yang dijalankan dengan enjoi, nyaman dan tidak merepotkan. Kapan dan dimana saja orang bisa membaca, namun aktivitas ini tidak banyak yang berminat. Kehadiran kami di tempat ini bertemu dengan generasi – generasi muda Flotim dengan harapan yang besar, mereka dikemudian harinya dapat memanfaatkan waktu sebanyak mungkin untuk membaca. Membaca dan terus membaca. Membaca menambah wawasan dan pengetahun hingga kita mampu menjelajahi dunia diujung manapun,’kata Maksi.(Humas Agupena Flotim)

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

*

Tulisan Terbaru tentang Berita

Go to Top