PKBM CITRA MANDIRI DIRIKAN PONDOK BACA

Rubrik Berita/Kegiatan Oleh

Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Citra Mandiri Kecamatan Adonara Tengah berhasil mendirikan sebuah Pondok Baca di Dusun III Desa Wewit Kecamatan Adonara Tengah Kabupaten Flores Timur. Penggagas memberi nama “Wewit Lode Hukun”.

Menurut Ramadan Ismail Rais, Direktur PKBM Citra Mandiri, kehadiran Pondok Baca merupakan upaya dan solusi yang diambil demi merangsang minat baca warga usia sekolah di tingkat desa. “Kami coba menghadirkan Pondok Baca di desa ini sebagai upaya dan solusi dalam merangsang minatbaca warga usia sekolah di desa ini, dan juga di desa – desa tetangga, kata Ramadan.

PKBM Citra Mandiri Kecamatan Adonara Tengah

Asy’ari Hidayah Hanafi, salah satu tutor dan pengelolah PKBM Citra Mandiri, mengatakan, Pondok Baca “Wewit Lode Hukun” didirikan selain untuk merangsang minat baca warga sekolah di desa, juga sebagai tindak lanjut di tingkat desa dalam menanggapi surat edaran Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olaraga (PKO) Flores Timur tentang upaya menjadikan Kabupaten Flores Timur sebagai Kabupaten Literasi. Asy’ari Hidayah Hanafi yang juga dalam kapasitasnnya sebagai Koordinator Agupena Flotim Wilayah Kecamatan Adonara Tengah, dipercayakan sebagai Pengelola Pondok Baca tersebut.

Hanafi menambahkan, Pondok Baca “Wewit Lode Hukun“ didirikan secara swadaya atas inisiatif Direktur dan pengelola PKB Citra Mandiri sehingga masih banyak mengalami kekurangan seperti bahan bacaan untuk disimpan di Pondok baca. “Pondok baca yang kami dirikan ini, karena secara swadaya maka masih mengalami banyak kekurangan di sana sini, oleh karena itu kami sangat mengharapkan bantuan berupa buku dari berbagai pihak demi menambah koleksi pustaka pondok baca ini, kata Hanafi.

Taufik Husen, S.Pd salah seorang guru pada MTs Al-Hidayah Wewit mengatakan bahwa ia merasa terbantu dengan hadirnya pondok baca ini, selain perpustakaan yang ada di sekolah, tempat ini juga menambah perbendaharaan referensi kita sebagai guru pelosok yang sangat sulit mendapatkan buku-buku.

Kepala Dinas PKO Kabupaten Flores Timur, Bernadus Beda Keda, Sabtu (27/5/17) memberi apresiasi atas didirikannya Pondok Baca di Desa Wewit Kecamatan Adonara Tengah. “ Sebagai Kepala Dinas PKO Flotim, saya menyampaikan apresiasi dan rasa bangga saya atas upaya bersama yang telah kita lakukan dalam mendukung Kabupaten Flores Timur sebagai Kabupaten Literasi. Membangun pondok baca bagi kami adalah sebuah langkah yang kreatif mempersiapkan generasi muda Flotim yang kompetitif dan berkualitas dalam banyak bidang kehidupan,’kata Bernad. (Ary Tocan- Koordinator Agupena Kecamatan Adonara)

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

*

Tulisan Terbaru tentang Berita

Go to Top