Home » Opini » Setan Tahu Diri » 279 views

Setan Tahu Diri

Rubrik Opini Oleh

Oleh: La Ode Mu’jizat
(Agupena Kota Baubau, Sulawesi Tenggara)

Untuk membunuh nyamuk yang lagi hinggap dan menggigit tubuh manusia, saran Saya, cukup pake telapak tangan (saja). Plak…!!! Kalau kena, dipastikan nyamuk menemui ajalnya. Urusan selesai. Masalah nyamuk rampung, tidur nyenyakpun dapat. Ini yang namanya efektif, menggunakan “senjata” pada tempatnya.

Memang sih, pake pistol, bazoka, granat, bom dan senjata nuklirpun, sang nyamuk yang lagi menggigit itu pastilah mati. Tapi bayangkan akibat yang ditimbulkannya, bukan saja makhluk pengisap darah itu yang tuntas, hidup manusiapun bisa ikut kelar. Inilah yang namanya tidak efektif, tanpa perhitungan, serta boros biaya dan energi.

Karenanya, pakailah tangan saja untuk menuntaskan hidup binatang yang menjadi makanan kesukaan cicak-cicak di dinding itu. Beres kan ?!! Sekali lagi, nyamuk kelar, dan hidup lu nyaman kembali. Hehehe….

Ini soal stategi dan efektifitas. Nah, dalam menggoda manusia, setanpun menggunakannya. Maka, untuk menyesatkan lelaki atau wanita sekelas “professor”, yang dikirim adalah prajurit yang sepadan dengannya. Ketika ingin menipu insan dengan kualitas “mahasiswa”, maka yang diutus adalah setan yang masih di “bangku kuliah” juga. Begitu seterusnya….

Dan setan sangat paham soal efektifitas. Mereka tidak akan menggoda manusia yang rajin sholat, ngaji, suka sedekah, punya segudang ilmu, untuk menenggak minuman keras atau pesta narkoba dan sejenisnya. Tidak !!! Makhluk yang sukses menggoda Nabi Adam ini tahu diri. Musuh manusia ini mengerti, bahwa “jenis” keturunan Adam yang satu ini sangat susah atau tak akan mengikutinya.

Tapi sang setan punya strategi jitu yang lain. Apa itu? Keturunan Iblis yang diusir dari Surga itu mengerti bahwa golongan manusia seperti di atas (kemungkinan) hanya bisa takluk dengan godaan untuk sombong (ujub), bangga diri, dan merasa diri paling hebat.

Maka dibisikkanlah kalimat: “Duhai hamba Allah, anda luar biasa, hanya orang seperti dirimu yang begitu hebat. amal ibadah kamu super sekali. Tidak ada yang bisa sepertimu, orang selain engkau dan mereka-mereka yang berada diluar golongan (kelompok) mu, tak sebaik kalian. Hanya kalianlah yang pantas masuk Surga Allah…”

Dari sinilah kebanyakan orang akhirnya masuk dalam perangkap setan. Maka berhati-hatilah, sebab setanpun tahu diri. Allah SWT berfirman: “…. maka janganlah kamu mengatakan dirimu suci. Dialah yang paling mengetahui tentang orang yang bertakwa. (An-Najm: 32)

oh iya, masih ingat janji Iblis? Allah SWT mengabadikannya dalam Al Qur’an: “…. saya benar-benar akan menghalangi mereka dari jalan Engkau yang lurus. Kemudian saya akan mendatangi mereka dari muka dan belakang mereka, dari kanan dan kiri mereka dan Engkau tidak akan mendapati kebanyakan mereka bersyukur (taat).” (Al-A’raf: 16-17) ***

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

*

Tulisan Terbaru tentang Opini

Keluargaku Surgaku

Seorang ahli kungfu sedang asyik menari di lantai dansa bersama istrinya. Ia

Sayang dia, Cinta dia

Hampir pecah tangisku menyaksikan peristiwa itu. Seorang suami mencekik, menampar dan menendang

Tegar

Oleh: La Ode Mu’jizat Perlu kekuatan hati yang berlebih ketika ujian atau
Go to Top