SMPN 1 LEWOLEMA ADAKAN PERKEMAHAN

Rubrik Berita/Kegiatan Oleh

(Menyongsong Hari Pancasila 1 Juni 2017)

Sekolah Menegah Pertama Negeri (SMPN ) 1 Lewolema mengadakan perkemahan selama tiga (3) hari terhitung sejak Senin- Rabu (29-31/5/17) di Pantai “Baun Botin” Waimana II Desa Halakodanuan Kecamatan Ile Mandiri. Perkemahan tingkat sekolah ini diadakan dalam rangka menyongsong Hari Pancasila 1 Juni 2017.

Sedikitnya 112 siswa dan guru terlibat dalam kegiatan ini. Mereka diantaranya, Penggalang Putra 40 orang, Penggalang Putri 42 orang, Penggerak Putra 4 orang, Penegak Putri 11 orang dan Pembina Pendamping 15 orang.

Solirus Soda, Kepala SMPN 1 Lewolema pada apel pembukaan, Senin (29/5/17) mengatakan kemajuaan teknologi dan informasi di zaman ini berdampak positif disatu sisi, dan dampak negatif disisi lainnya terhadap perkembangan generasi muda. Dalam era digital, segala sesuatu dapat diperoleh dengan instan. Semua berharap gampang, tanpa melalui sebuah perjuangan. Melalui pendidikan Kepramukaan, dapat menjadi penunjang bagi pendidikan di sekolah, lingkungan keluarga dan masyarakat melalui pengenalan disiplin, keterampilan, persaudaraan, bahkti terhadap masyarakat dan mampu membentuk karakter kepribadiaan siswa yang tidak berharap gampang.

Kepala Sekolah juga menekankan akan pentingnya membangun semangat kedisplinan, berani dan setia. “Tentang pancasila sebagai dasar negara sesungguhnya sudah lama mengakar dalam sanubari setiap warga negara. Mencintai pancasila tidak sekedar menghafal sila demi sila secara lancar, tetapi bagaimana mengamalkannya. Sebagai siswa yang paling sederhana adalah dengan belajar dan meraih prestasi, untuk kebanggan diri sendiri, keluarga dan untuk bangsa dan negara,” kata Solirus.

Albertus Duru Marang, Pembina Pramuka SMPN 1 Lewolema pada kesempatan itu mengatakan tujuan kegiatan perkemahan adalah, mempererat persaudaraan sesama anggota Gerakan pramuka, membentuk karakter peserta didik berkembang menjadi manusia berakhlak mulia,melatih kemandirian dan tanggungjawab, menumbuhkan rasa cinta akan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Pancasila, Cinta akan alam lingkungan dan melatih kemandirian.

Kegiatan sepanjang tiga (3) hari ini diisi dengan beragam materi diantaranya Materi tentang Semangat mencintai Pancasila oleh Grace Gracela Figur Perempuan Muda NTT yang peduli akan situasi sosial dan gerakan – gerakan sosialnya, Maksimus Masan Kian, Ketua Agupena Flotim dalam materi, Menggali Potensi Diri Untuk Meraih Prestasi, pengenalan alam lingkungan melalui haiking oleh Tim Pembina Pramuka, Bimbingan Rohani oleh Alexander Laba, Membangun Kreativitas melalui kegiatan perlombaan sederhana, kegiatan animasi dan motivasi, Upacara Kenaikan Tingkat, dan Api Unggun.

 

Hadir dalam acara pembukaan, Ketua Kwatir Ranting (Kwaran) Kecamatan Lewolema Petrus Sawa Kelen, Kepala SMPN 1 Lewolema Solirus Soda, Ketua Agupena Flotim Maksimus Masan Kian, Figur Perempuan Muda NTT Grace Gracela, para Pembina Pramuka dan peserta perkemahan.(Maksimus Masan Kian)

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

*

Tulisan Terbaru tentang Berita

Go to Top