Bunga Rampai Esai Pendidikan Guru Flotim NTT

Rubrik Kegiatan/Literasi Oleh

Melalui wadah Asosiasi Guru Penulis Indonesia Cabang Flores Timur (Agupena Flotim), para guru di Kabupaten Flotim menulis dan menerbitkan buku. Kali ini, buku yang digarap bertajuk “Revolusi Mental ala Guru, Bunga Rampai Esai Pendidikan oleh Guru Flotim”. Sementara ini, sudah ada 19 esai pendidikan yang ditulis oleh 12 guru. Targetnya, buku ini berisi 30 esai.

Adapun esai-esai dalam buku ini berkisar pada wacana para pelaku pendidikan: guru, siswa, orang tua wali, komite sekolah, masyarakat, dan pemerintah yang diwakili oleh Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga. Selain itu, terdapat pula wacana-wacana yang berkaitan dengan metode pembelajaran dan permasalah literasi.
Buku ini diedit oleh Muhammad Soleh Kadir dan diberi Kata Sambutan oleh Kadis PKO Flotim Bernadus Beda Keda serta Kata Pengantar oleh Ketua Agupena Flotim Maksimus Masan Kian.

Dalam waktu dekat, setelah naskah rampung, para penulis akan mengadakan bedah pracetak. Tujuannya untuk melihat kembali naskah yang ada dan mempertajam analisis konten. Naskah ini akan diterbitkan setelah penerbitan Antologi Puisi Tapak Tuah yang juga ditulis oleh tiga guru Agupena Flotim. Naskah ini menjadi garansi iklim berliterasi Agupena Flotim di Republik ini.

Ketua Agupena Flores Timur Maksimus Masan Kian mengatakan, dalam membangun gerakan Literasi dikabupaten Flores Timur tentu kita tidak hanya sebatas wacana,namun perlu aksi nyata dan merealisasikan wacana itu. “Membangun gerakan literasi di bumi Flores Timur butuh aksi nyata, tak sekedar berwacana. Nah, salah satu karya buku Bunga Rampai dengan tajuk “Revolusi Mental ala Guru, Bunga Rampai Esai Pendidikan oleh guru Flotim ini adalah salah satu bukti upaya menghidupkan gerakan literasi di Flotim. Banyak hal yang bisa kita lakukan, jika ada kerja sama dan konsistensi satu dengan yang lainnya. Agupena Flotim adalah bagian kecil dari satu kesatuan Kabupaten Flores Timur. Sekian banyak organisasi, wadah, atau komunitas lain yang dapat berkontribusi untuk kemajuan daerah ini.,”kata Maksi.

Bernadus Beda Keda, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olaraga (PKO) Kabupaten Flotim, Jumat (9/7/17) memberi apresiasi terhadap karya guru Flotim dalam bentuk buku. “Selaku Kepala Dinas PKO Flotim, saya memberi apresiasi atas karya guru – gruru Flotim dalam bentuk buku. Ini capaian yang kreatif dan inovatif. Teruslah berkarya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Flores Timur,”Kata Kadis. (Muhammad Soleh Kadir)

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

*

Tulisan Terbaru tentang Kegiatan

Go to Top