Episode Kehidupan Yang Membentuk Realitasmu

Rubrik Opini Oleh

Oleh: Ainun Zaujah

“Kamu adalah apa yang kamu pikirkan

Kamu adalah apa yang kamu katakan

Kamu adalah apa yang kamu rasakan/desiran hati”

(Ainun Zaujah, pengalaman dua tahun menekuni hypnoterapi)

Hidup adalah akumulasi dari keseluruhan rangkaian kehidupan.Cerita Hidup kita bermula sejak denyut jantung berdetak di Rahim Ibu.Saat itulah cerita tentang kita menemui titik awal. Jantung memiliki memory yang menyimpan begitu banyak file tentang kita. Dalam pendekatan Hypnoterapi yang dikemukakan oleh Master Asep Bruder dalam seminar keluarga harmonis dengan Hypnoterapi di kota Baubau bulan November 2015 menyampaikan bahwa alam bawah sadar manusia memiliki kekuatan yang sangat dahsyat. Alam bawah sadar ini bisa menembus batas antar daerah bahkan Negara.Alam bawah sadar ini disebut Qolbu (hati).Qolbu  inilah yang menyimpan semua data tentang hidup kita sejak di Rahim ibu hingga kelak ketika jantung berhenti berdetak untuk selamanya. Semua memory ini direkam oleh kepingan CD Driver yang tersimpan di Qolbu.Dalam dunia kedokteran kata Heart dalam bahasa inggris mewakili organ jantung.Sedangkan organ hati disebut sebagai hepar. Itulah mengapa ekspresi Ruh dalam bentuk sedih atau bahagia, tersenyum atau menangis membuat semua orang akan merasakannya di rongga dada sebelah kiri. Tepat di mana terdapat organ jantung di balik rongga dada itu.

Rasa bahagia yang bertambah-tambah menghadirkan kelapangan dada, Pun rasanya di rongga dada sebelah kiri pula.Kesedihan yang terasa berat dan menyesakkan dada, rasa sakitnya juga dirasakan oleh rongga dada sebelah kiri itu.Sebagaimana pengalamanku dalam sesi konseling dengan seorang ibu.Ibu tersebut mengatakan penyebab pertengkaran dengan suami adalah karena perbedaan pola asuh dalam mendidik anak.Dampak dari pertengkaran tersebut, membuat daerah dada sebelah kiri ibu tersebut sering terasa sakit seperti ditusuk-tusuk. Setelah sesi pra induksi dalam konseling saya lakukan, dimana ada proses mendengar secara empatik disana, barulah saya masuk pada sesi untuk melakukan terapi. Terapi yang saya lakukan pada klien dengan menggunakan prinsip komunikasi dengan mengadopsi teknik dalam neuro linguistic programming (NLP) Saya tidak melakukan teknik hypnosis karena menurut psikolog senior Adriano Rusfi dari ITB, hypnosis dilakukan hanya jika benar-benar dibutuhkan.Dengan teknik pacing dan mirroring saya bisa berkomunikasi dengan memanfaatkan frekuensi gelombang otak alfa bahkan theta.

Begitu banyaknya episode hidup yang telah kita lalui, terkadang membuat kita lupa mengingat secara detail segala hal yang pernah terucap, terbersit bahkan terpikirkan.maka Islam membimbing kita untuk menjernihkan jiwa dan pikiran dengan muhasabah/melakukan evaluasi atau penelusuran kembali tentang apa yang sudah kita lakukan. Hal ini akan membimbing kita untuk menemukan segala akar permasalahan dari setiap masalah yang menghampiri hidup kita. Ibarat menemukan file video di laptop yang sudah sangat lama kita save dan kita lupa nama filenya, karena laptop sudah penuh dengan memori. Kita mengatakan “saya simpan dimana ya?Lupa nama filenya”, padahal kita sudah menggunakan beberapa kata kunci dan menuliskannya di mesin pencari di laptop kita. Kadang kitapun tetap tidak menemukan file tersebut.

Realitas kita, ada yang prosesnya berjalan lambat dan perlahan-lahan lalu terwujud menjadi kenyataan.Misalnya ucapanku ketika masa kuliah dulu sekitar tahun 2003.Saya pernah berkata pada seorang teman,” Suatu saat nanti jika saya menikah, saya ingin menikah dengan lelaki sholeh yang tidak pernah saya kenal sebelumnya” dan ucapan itu membentuk realitasku di bulan januari 2008. Saya berjodoh dengan lelaki sholeh yang tidak pernah saya kenal sejak usia TK sampai perguruan tinggi. Meski sama-sama orang Baubau, kami dipertemukan oleh Allah SWT setelah masing-masing menyelesaikan study di perguruan tinggi yang berbeda. Perkenalan kami hanya 1 tahun, lalu kami diodohkan oleh guru ngaji tempat kami belajar Islam setiap pekan.

Ada juga orang yang masuk kategori somnambulisme.Istilah ini saya temukan ketika membaca buku The Secret of Mindset halaman 177 yang ditulis oleh pakar Mind Teknologi Adi W Gunawan. Somnambulisme adalah kelompok orang  yang jumlahnya hanya sekitar 5% dari populasi manusia yaitu kelompok orang yang sangat sugestif. Itulah sebabnya mu`jizat penyembuhan yang terjadi melalui doa tidak bisa terjadi secara massal. Paling banyak yang sembuh sekitar 5 %.Orang-orang dengan tipe ini begitu cepat keyakinannya, menjadi realitas.Saya pernah bertemu dengan manusia tipe ini dalam kehidupan.Ketika mereka berdoa, doanya begitu cepat dikabulkan oleh Allah SWT.Meskipun hanya sekedargetaran hati ketika tersakiti.atau ketika seorang ibu sedang marah pada anaknya. Biasanya efeknya sangat dahsyat.Rasa kecewa seorang ibu yang tidak terungkapkan memiliki kekuatan yang luar biasa. Terlukanya hati seorang ibu yang membuat hatinya terbersit akan sesuatu hal pada anaknya, maka tidak menunggu lama hanya dalam hitungan menit atau jam langsung terlihat dalam realitas anaknya. Sayapun sering melihat fenomena ini dalam kehidupan.

Setelah mengetahui hal ini, saya belajar untuk berhati-hati dalam memilih kata, dalam memfilter informasi bahkan dalam lintasan hati. Rosulullah SAW menyampaikan pesan ini lewat hadistnya Fal yakul khiron auli yasmuts yang artinya berkatalah yang baik atau diam, dan dalam sebuah hadist Qudsi Allah berfirman “Aku sesuai prasangka hambaku kepadaku”. Maka, hati-hati dengan doa orang yang terzhalimi, Jika merasa tersakiti, desiran hatinya bisa memberikan efek dalam kehidupan kita. Maka jadilah manusia terbaik sebagaiman hadist nabi “ Khoirunnas anfauhum linnas yang artinya sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain. Menebar kemanfaatan, berbagi keceriaan, bersinergi, berkolaborasi dan terconecting hanya pada hal-hal yang baik. Karena segalanya akan membentuk realitas kehidupan kita.

Periksa kembali segala hal dalam hidup anda, yang terlanjur anda yakini, yang terlanjur anda percayai, yang terlanjur anda jadikan sebagai belief.Mungkin kita perlu merombak memori tersebut dengan kata-kata yang lebih positif. Ibarat dalam melakukan aktivitas menulis,  file naskahyang terlanjur tersimpan bisa kita ubah dengan pengeditan pada naskah atau menambahkan informasi baru pada naskah agar tulisan lebih bermakna, agar endingnya selalu bahagia.

Video tentang keseluruhan riwayat hidup kita tersimpan di alam bawah sadar.Kita perlu memutarnya kembali untuk melakukan penelusuran tentang segala hal yang pernah kita lakukan. Ketika, ingatan kita terbawa pada memori 1 tahun yang silam,  atau 3 tahun yang silam berhentilah sejenak. Untuk mengingat kembali dan mengklik “berhenti” pada memori yang mengingatkan kita akan sesuatu hal yang pernah terucap di masa itu, dan kini buahnya sudah kita panen. Realitas kita mewujud seperti apa yang pernah kita katakana bertahun-tahun silam. Inilah fenomena yang mendukung pernyataanku bahwa “ sesungguhnya segala hal yang terjadi dalam hidup kita, kita tahu jawabannya, kita tahu penyebabnya, kita juga yang tahu jalan keluarnya. Kita hanya perlu jujur dengan diri sendiri.Jujur mengakui tanpa terselip kebohongan lagi.Jujurlah pada hatimu.Jujurlah pada nuranimu.

Sebagaimana ucapan Ali bin Abi Thlib tentang penyakit “Obatmu ada pada dirimu, tetapi tidak kamu sadari.Penyakitmu datang dari dirimu, tetapi kamu tidak waspadai”.Kita perlu melakukan muhasabah, penelusuran jejak-jejak masa lalu tentang segala hal yang pernah kita ucapkan, pikirkan dan doa yang berisi pengharapan. Hal ini akan sangat membantu kita untuk menemukan jalan keluar dari kondisi yang saat ini kita alami.

Hal ini terungkap menjadi fakta kehidupan setelah saya menekuni hyponterapi dua tahun ini.

Segala hal yang pernah terucap, dan saat ini menjadi realitas kehidupan kita yang sifatnya negatif, marilah kita ikuti dengan istighfar kepada Allah SWT. Lalu gantilah dengan doa yg baik, kata-kata yang baik, Semga Allah SWTvmenerima taubat kita dan memberikan jalan keluar terhadap keadaan yang saat ini kita rasakan.

Periksa kembali segala hal dalam hidup anda, yang terlanjur anda yakini, yang terlanjur anda percayai, yang terlanjur anda jadikan sebagai belief.Mungkin kita perlu merombak memori tersebut dengan kata-kata yang lebih positif. Ibarat dalam melakukan aktivitas menulis,  file naskahyang terlanjur tersimpan bisa kita ubah dengan pengeditan pada naskah atau menambahkan informasi baru pada naskah agar tulisan lebih bermakna, agar endingnya selalu bahagia.

Yakinlah setelah kesulitan, kita akan bertemu dengan dua kemudahan. Yakinlah di semua khilaf yang terselip ada Rahmat dan Ampunan Allah SWT yang lebih luas dari murka-Nya.

Ketika akhirnya kau melihat setitik sinar yang membimbing langkahmu untuk berjalan kembali pada jalan Tuhan lalu berkata “Allah…aku ingin pulang, meski sudah begitu jauh aku berjalan mencari kebahagiaan, yang ternyata semuanya adalah semu.Akhirnya perjalanan ini buntu, dan aku ingin kembali ke jalan-Mu yang terang.Tuhan, bimbing aku. Sesungguhnya aku tidak mampu dan tidak berdaya kecuali dengan izin-MU”

Ketika kau menemukan sumber yang membentuk  segala realitas duniamu saat ini, maka saya ucapkan selamat datang di dunia baru. Dunia yang akan memberikanmu kedamaian hati, kejernihan pikiran, perasaan yang selalu bersyukur karena kini kau berjalan bersama payung kebaikan, bersama angina harapan, bersama mentari kebahagiaan. Berbahagialah, memang hanya kembali pada jalan Tuhan, kau akan menemukan makna untuk kesejatian hidupmu. ***

Tags:

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

*

Tulisan Terbaru tentang Opini

Mana Pahlawanku?

Hari Pahlawan 2017 telah berlalu (10/11). Pada hari itu seluruh rakyat Indonesia,
Go to Top