PESAN KEBERAGAMAN DALAM KEBERAGAMAAN

Rubrik Berita/Kegiatan Oleh

(Momentum Buka Puasa Bersama)

Sekejap memang pertemuan kami. Dari jam 4 sore sampai 7 malam. Tidak puas rasanya berbicara. Juga berdiskusi dan konsultasi. Pembicara hanya sekilas. Penanya dan penanggap juga tidak banyak waktu. Akan tetapi, selintas membuat kami merasa cukup akrab. Hal-hal yang kami bicarakan fokus. Soal membangun mindset orang muda Flotim.

Felix Janggu Wartawan Pos Kupang sebagai pembicara pertama. Jurnalis ini bicara soal keberagaman dalam keberagamaan. Lelaki murah senyum ini menukilkan pluralisme dalam rumahnya. Ada Katolik dan Islam. Ada pula perilaku keberagamaan yang kaku di dalamnya. Tapi, kehidupan tetap berjalan. Saling memahami adalah kuncinya.

Grace Gracela Aktivis Perempuan bicara soal hakikat keterdidikan. Bahwa pendidikan menjadi eskalasi sosial. Kian tinggi pendidikan, kian tinggi kepekaan sosial. Rasa miris ketika sarana pendidikan masih belum layak. Atau pula perilaku koruptif dan apatis pemerintah.

Asy’ari Hidayah Hanafi, Pengurus Agupena Flotim menguatkan pentingnya teladan. Kata-kata akan kuat jika diiringi teladan kerja. Agusalim Bebe Kewa bilang semangat dan ikhlas, kunci kesuksesan. Niat lillahi taala menjadi motivasi semangat yang konsisten.

Buka Puasa berlangsung sederhana. Es kelapa muda donoran Amber Kabelen sebagai menu pembuka. Disandingi pisang goreng donoran Asyari Hidayah Hanafi. Selepas sholat Magrib, ikan bakar dipadu sayur daun ubi lawar meski sedikit lat, racikan Ozzy Bahy dan kawan – kawan melengkapi nasi putih berbuka puasa.

Di hujung acara, Grace memberi sebuah novel kepada Arina Islami siswi MAN Waiwerang. Itu lantaran Arina berani curhat di depan umum. Gedung SMANSA Adonra Timur Kabupaten Flores Timur, Rabu (14/7/17) menjadi saksi sejarah serangkaian prosesi itu. Beberapa aktivis pun hadir.Zaeni Boli, Jumadi Firmansyah, Ipin Lamarobak, AKJ. Lamarobak, Fill Lamarobak, beserta puluhan siswa SMAN 1 Adonara Timur, MANWA dan SMK Suryamandala.

Kami dari beragam agama. Tapi, semangat kami untuk Flotim – NTT. Pandangan kami untuk Flotim. Peran kami untuk Flotim. Tidak banyak memang. Apalagi bombastis. Cuma kebersamaan (Muhammad Soleh Kadir- Pengurus Agupena Flotim) ***

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

*

Tulisan Terbaru tentang Berita

Go to Top