WAKIL BUPATI FLOTIM DUKUNG GERAKAN LITERASI

Rubrik Kegiatan/Literasi Oleh

Wakil Bupati Flores Timur (Flotim) Agustinus Payong Boli, SH mendukung gerakan literasi yang sejauh ini telah digerakan oleh Asosiasi Guru Penulis Indonesia (Agupena) Cabang Flotim sebagai salah satu gerakan positif dalam meningkatkan minat baca dan menulis untuk kalangan siswa dan guru di Kabupaten Flores Timur.

Demikian pernyataan Wakil Bupati Flotim dalam Diskusi Pendidikan yang digelar di Sekretariat Agupena Flotim, Senin (19/6/17) malam. ”Sebagai pemerintah, kami mendukung gerakan literasi yang sudah dilakukan oleh teman – teman Agupena Flotim. Langkah ini sebagai upaya positif dalam meningkatkan minat baca dan menulis di Flotim yang selanjutnya dapat meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM). Target pencapaian dunia saat ini adalah peningkatan SDM. Peradaban sebuah bangsa dilihat dari tiga hal diantaranya pendapatan perkapita, derajat kesehatan, dan peningkatan SDM,” kata Agus.

“Bicara tentang pendidikan, kita tidak hanya bicara dari sisi peningkatan kemampuan kognitif semata, tetapi jauh dari itu bagaimana meningkatkan kemampuan emosional dan spiritual. Dua hal ini penting dalam mendukung kualitas Sumber Daya Manusia. Tidak hanya pintar tetapi cerdas secara emosinal dan spiritual. Sebagai masukan untuk Agupena Flotim, tentu tidak hanya menulis tentang guru semata, namun lebih dari itu bisa berkontribusi dalam tulisan tulisan berupa kajian ilmiah atas fenomena yang berkembang saat ini di daerah. Lakukan observasi, kumpulkan data, analisis, dan buatkan tulisan yang kemudiaan dapat menjadi masukan untuk daerah,” kata Agus.

Gusty Richarno, Pemimpin Media Pendidikan Cakrawala (MPC) Nusa Tenggara Timur (NTT) pada kesempatan itu mengatakan salah satu cara yang paling tepat dan strategis dalam memutuskan mata rantai kemiskinan dan kebodohan di NTT adalah melalui jalur pendidikan. Pendidikan adalah investasi yang berharga.

“Sejauh ini, MPC telah berkolaborasi dengan Agupena Flotim dan melakukan pendampingan kepada sedikitnya 15 sekolah di Flotim baik tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) dalam membangkitkan semangat membaca, mengasah keterampilan untuk menulis. Hal lain yang digerakan dalam meningkatkan minat baca di kalangan siswa adalah memberikan sumbangan buku gratis, menciptakan kelas inspirasi saat berkunjung ke sekolah sekolah dan menyiapkan ruang publikasi bagi siswa dan guru, di Majalah Cakrawala. Kami berkeyakinan dengan terus merawat semangat ini, dikemudian hari akan lahir penulis – penulis muda yang handal datang dari NTT,” kata Gusty.

Diskusi dengan tema “Gerakan Literasi Dalam Menciptakan Iklim Ilmiah di Flotim” dipandu oleh Grace Gracella (aktivias perempuan). Hadir dalam diskusi ini, Maksimus Masan Kian (Ketua Agupena Flotim), Silvester Petara Hurit (Pengamatan Seni), Wento Eliando (Wartawan Flores Pos), Felix Janggu (Wartawan Pos Kupang), Jemi Paun (Pengurus Agupena Flotim), Andreas Soge (Aktivis), Kornelis Basa Kopon (Anggota Agupena Flotim), Yandris Tolan (Penulis). (Maksimus Masan Kian) ***

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

*

Tulisan Terbaru tentang Kegiatan

Go to Top