SAMBUTAN KETUA UMUM PADA HARI RAYA IDUL FITRI 1438 H

Rubrik Opini Oleh

SAMBUTAN
KETUA UMUM PENGURUS PUSAT
ASOSIASI GURU PENULIS INDONESIA (AGUPENA)
PADA HARI RAYA IDUL FITRI 1438 H

Assalaamualaikum warohmatullahi wabarokatuh …

Puji syukur marilah kita panjatkan ke hadirat Allah SWT atas segala nikmat yang dilimpahkannya kepada kita semua, terutama nikmat Iman dan Islam serta nikmat sehat, sehingga sampai hari ini kita masih bisa menjalankan puasa Ramadhan sebulan penuh dan Insha Allah kita bisa merayakan Hari Kemenangan, Hari Raya Idul Fitri 1438 H. Salawat dan salam marilah kita sampaikan kepada Sang Pembawa Risalah Kebenaran, Nabi Muhammad SAW, yang karena jasa beliau, kita diperkenalkan pada Dienul Islam dan hingga hari ini kita masih tetap memegang teguh ajarannya.

Bapak, Ibu, saudara dan saudari sekalian, pengurus dan anggota Agupena yang dirahmati Allah SWT. Setelah satu bulan penuh kita menjalankan ibadah puasa Ramadhan, sampailah kita pada hari kemenangan dimana kita kembali kepada fitrah kita sebagai hamba Allah yang Insya Allah mendapatkan ampunan sebagai buah dari perjuangan kita menjalankan ibadah puasa.

Yang pertama dan yang utama, dalam kesempatan kali ini saya selaku pribadi, maupun secara kelembagaan sebagai Ketua Umum Pengurus Pusat AGUPENA, dengan ini mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri Mohon Maaf Lahir dan Bathin secara khusus kepada seluruh Pengurus dan Anggota AGUPENA yang berada di dalam negeri maupun di luar negeri dan secara umum kepada seluruh Umat Islam Bangsa Indonesia di mana pun berada. Semoga di hari Kemenangan ini kita semua selalu dalam lindungan Allah SWT sehingga kita semua selamat dalam kehidupan kita di dunia hingga kehidupan di akhirat kelak. Amin.

Pengurus dan anggota Agupena sekalian, dunia penulisan yang kita geluti selama ini, baik itu melalui media cetak, media elektronik, ataupun media sosial adalah dunia yang penuh tantangan. Tantangan yang dihadapi diantaranya adalah bahwa kegiatan menulis masih belum menjadi budaya masyarakat kita secara umum. Menulis masih menjadi kegiatan sekelompok tertentu. Guru penulis adalah salah satu kelompok ini. Agupena dibentuk untuk mewadahi kelompok guru penulis ini. Misinya adalah mengembangkan dunia penulisan dikalangan guru diberbagai tingkatan pendidikan mulai dari tingkat pendidikan rendah hingga pendidikan tinggi.

Sesuai dengan misi Agupena, sudah sepatutnya dalam aktifitas menulisnya, guru penulis memusatkan perhatiannya pada dunia pendidikan. Dunia pendidikan yang dimaksud disini adalah dunia pendidikan dalam arti yang luas. Dunia pendidikan yang tidak dibatasi oleh sekat-sekat berupa ruang kelas atau ruang kuliah. Ruang yang tanpa batas.
Saat ini sudah semakin marak munculnya media sosial. Munculnya media sosial adalah ekses dari wujudnya ruang tanpa batas ini. Setiap orang, siapapun dia, selama memiliki perangkat pendukung seperti computer, laptop, tablet ataupun telepon genggam, sudah menjadi peserta didik dari ruang klas tanpa batas ini. Guru penulis harus hadir dalam ruang tak terbatas ini. Tugasnya adalah untuk menjadi guru dalam ruang tak terbatas ini. Guru yang memberikan tuntunan khususnya dalam bidang etika dan moral, sehingga para peserta didik ini memegang teguh etika dan moral dalam menggunakan media sosial. Tanpa diminta oleh siapapun, guru penulis harus mengambil perannya sebagai pendidik di ruang sosial ini. Nyaris setiap menit atau setiap jam, kita bersentuhan dengan media sosial. Persentuhan ini memang tidak bisa kita hindari karena kebutuhan dan juga perkembangan zaman. Oleh karena itu mari kita tingkatkan peran dasar kita sebagai guru, melalui berbagai media, media cetak, media elektronik dan media sosial. Kita harus menjadi orang yang digugu dan ditiru. Karya kita dalam berbagai media ini tidak hanya jadi tontonan orang yang membacanya, tapi juga menjadi tuntunan para pengguna media.

Akhirukalam, sekali lagi saya mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri Mohon Maaf Lahir dan Bathin. Barakallahu lana walakum.

Billahittaufiq walhidayah wassalaamualaikum warohmatullahi wabarokatuh …

Naijan
Ketua Umum
Pengurus Pusat AGUPENA

Lahir di Tangerang, 28 Agustus 1969 adalah Ketua Umum Asosiasi Guru Penulis Indonesia (Agupena).

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

*

Tulisan Terbaru tentang Opini

Mana Pahlawanku?

Hari Pahlawan 2017 telah berlalu (10/11). Pada hari itu seluruh rakyat Indonesia,
Go to Top