BEDA KEDA: GURU ITU TENAGA PROFESIONAL

Rubrik Berita/Pendidikan Oleh

“Guru itu tenaga profesional yang perlu terus mengupdate diri, meningkatkan kualitas profesinya. Undang – undang 14 Tahun 2005, menyatakan, guru adalah tenaga profesional. Maka wajib hukumnya guru harus terus meningkatkan profesionalismenya. Hal ini, disampaikan oleh Bernadus Beda Keda, Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olaraga (PKO) Kabupaten Flores Timur (Flotim) saat membuka Kegiatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) Se- Kota Larantuka dan sekitarnya, Selasa (27/6/17)

Bagi Kadis PKO Flotim, Forum MGMP mesti terus dioptimalkan. Di ruang MGMP, guru saling shering dan berbagi tentang profesi suka duka profesinya. Forum ini penting dalam meningkatkan kualitas dan kompetensi guru dalam menjalankan perannya sebagai tenaga pengajar dan pendidik,” kata Beda Keda.

Kegiatan yang berpusat di SMPK St. Gabriel ini, melibatkan 8 Kepala Sekolah, dan 80 guru Mata Pelajaran tersebar di SMPK St. Gabriel, SMPK Mater Involata, SMPS PGRI, SMPK Ratu Damai, SMPK St. Yusuph, SMPS Baipito, SMPK Sta. Maria Goreti, dan SMPN 1 Lewolema.

Hadir dalam kegiatan ini, Kepala Dinas PKO Flotim, Bernadus Beda Keda, Ketua Yapersuktim, Romo Thomas Labina, Koordinator Pengawas, Arnol Langodai, Ketua Agupena Flotim, Maksimus Masan Kian, Ketua Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) Kota Larantuka, Geradus Koten, kepala-kepala sekolah dan guru.

Ketua Panitia Kegiatan MGMP, Suster M. Bonaventura, PRR pada kesempatan itu menyampaiakan, tujuan MGMP antara lain, mempersiapkan perangkat pembelajaran lengkap berdasarkan Kurikulum 2006 (K6) dan Kurikulum 2013 (K13), saling shering antar guru dalam penguatan kapasitas guru, dan penguatan kerja sama antar guru dalan upaya bersama meningkatkan kualitas pendidikan. “Kegiatan hari ini, akan berlanjut sampai tanggal 1 Juli 2017, dengan target akhir perampungan semua perangkat pembelajaran dalam mempermudah eksen di kelas dalam Kegiatan belajar mengajar,” kata Suster Bona.

Geradus Koten, Ketua K3S mengatakan, kegiatan MGMP kali ini adalah terobosan yang dibangunnya dengan beberapa kepala sekolah untuk mengaktifkan K3S dan MGMP se- Kota Larantuka yang vakum selama ini. “Kegiatan hari ini sebagai terobosan yang diambil oleh beberapa kepala sekolah dalam kota Larantuka untuk menghidupkan forum K3S dan MGMP yang selama ini vakum. K3S dan MGMP menjadi wadah yang strategis dalam meningkatkan profesionalisme guru oleh karena itu harus terus dihidupkan dan ditingkatkan,’kata Geradus. (Maksimus Masan Kian) ***

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

*

Tulisan Terbaru tentang Berita

Go to Top