SEBELUM DAFTAR, ANAK BACA KORAN

Rubrik Kegiatan/Literasi Oleh

Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Wulanggitang Kecamatan Wulanggitang Kabupaten Flores Timur, memberlakukan cara unik dalam rangkaian pendaftaran siswa baru.  Pendaftaran siswa baru pada sekolah itu, yang mulai dibuka, Jumat (30/6/17) dikemas berbeda dari tahun tahun sebelumnya. Siswa yang datang bersama orang tuannya selama proses antrian, anak diwajibkan untuk membaca koran dan buku yang disiapkan oleh panitia pendaftaran. Masing – masing anak, mendapat kesempatan membaca 5 – 10 menit.

Salah satu anggota Tim Penggerak Literasi SMPN 1 Wulanggitang, Valentinus Waton pada kesempatan itu mengatakan,  ide menyiapkan bahan bacaan dan mewajibkan siswa calon siswa baru membaca sebelum mendaftar berangkat dari inisiatif Tim Penggerak Literasi tingkat sekolah yang melihat minat baca siswa selama ini yang sangat minim. “Ide menyiapkan bahan bacaan dan mewajibkan siswa calon siswa baru membaca sebelum mendaftar berangkat dari inisiatif Tim Penggerak Literasi tingkat sekolah yang melihat minat baca siswa selama ini yang sangat minim. Apalagi siswa dari sekolah dasar. Kesadaran membaca siswa masih kurang.Memotivasi siswa untuk membaca, juga adalah bagian dari upaya mengurangi siswa bermain hanpon, menonton televisi dan kegiatan lain yang menganggu belajarnya. Gerakan ini kami lakukan lebih awal kepada siswa di hadapan orang tua agar anak dan orang tua tahu, di sekolah ini serius menghidupkan gerakan literasi yang membutuhkan kerja sama dari siswa dan dukungan dari orang tua,’kata Valens.

Sementara itu Gaspar Tukan, Kepala SMPN 1 Larantuka pada kesempatan yang sama menyampaikan, apresiasi teman – teman guru yang tergabung dalam Tim Penggerak Literasi Tingkat sekolah yang menginisiasi gerakan ini. “Saya berbangga dengan aksi sederhana ini tetapi memberi pesan dan makna yang dalam, baik kepada siswa maupun kepada orang tua akan pentingnya kegiatan membaca. Gerakan ini sebagai gambaran awal kepada siswa dan orang tua tentang lembaga SMPN 1 Wulanggitang yang serius menjalankan gerakan literasi di sekolah dan dengan menaruh harap, dukungan dari orang tua dalam mendampingi anak di rumah. Bagi Gaspar Tukan, membangun generasi emas Flores Timur, tidak terlepas dari upaya meningkatkan semangat membaca dari anak. Membaca menambah pengetahuan, meningkatkan kecerdasan dan mendorong siswa untuk mampu membaca situasi sosial yang terjadi di masyarakat. Peka, dan dapat menghasilkan karya – karya inspiratif hasil dari aktivitas membaca yang tekun,’kata Gaspar.

Maksimus Masan Kian, Ketua Cabang Agupena Flores Timur memberi apresiasi kepada SMPN 1 Wulanggitang yang telah bergandengan tangan dengan Agupena Cabang Kabupaten Flotim dalam menghidupkan gerakan literasi di Bumi Flotim. “Mewakili segenap Pengurus Agupena Cabang Flotim, menyampaikan apresiasi dan rasa bangga kepada SMPN 1 Wulanggitang yang telah menggagas ide – ide kreatif dalam menumbuhkan gerakan literasi dasar di sekolah. Semoga terus dipertahankan dan ditingkatkan gerakan yang dapat membentuk karakter anak bangsa ke arah yang lebih baik ini,’kata Maksi.(Novanto Balack Waton – Pengurus Agupena Flotim/Guru SMPN 1 Wulanggitang)

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

*

Tulisan Terbaru tentang Kegiatan

Go to Top