LITERASI ALA SMPK St. GABRIEL LARANTUKA

Rubrik Berita/Kegiatan/Literasi Oleh

Ada yang menarik dan unik, dipandang bagi siapa saja yang menginjakan kakinya di lingkungan SMPK St. Gabriel, yang berlokasi di Kelurahan Sarotari Tengah Kecamatan Larantuka Kabupaten Flotim NTT.

Sekolah yang dipimpin tangan dingin seorang Suster M. Bonavantura, PRR (Suster Bona), menerapkan Gerakan Literasi yang kreatif. Mereka meyakini, bukan hanya suara yang keras untuk merubah suatu hal, tetapi jauh dari itu tulisan sesungguhnya memiliki daya dan pengaruh kuat untuk merubah sesuatu.

Sudut dan lorong – lorong sekolah diisi dengan tulisan – tulisan yang berisi ajakan, nasehat dan motivasi – motivasi untuk segenap warga sekolah. Beberapa tulisan tertera pada bak air sekolah, tong sampah, batang pohon, kayu bekas yang dicat, dinding pagar, tembok dan beberapa titik lainnya yang dikemas warna – warni. Menarik untuk dibaca, dihayati, kemudian ditaati.

Ini cara dan gaya menegur yang santun dan tegas. Pesan ajakan disiplin, rajin belajar, jujur, mencintai lingkungan, bermimpi meraih cita- cita dan Cinta akan Tuhan ditemukan dalam tulisan – tulisan kreatif Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) dibawah dampingan guru.

Menurut Suster Bona, Kepala SMPK St. Gabriel, dengan tulisan – tulisan itu, memberi dampak positif untuk kedisplinan guru, dan siswa juga semua warga sekolah dalam menjaga kebersihan lingkungan sekolah untuk menjadikan sekolah sebagai tempat atau taman belajar yang aman, nyaman dan sehat.

Maksimus Masan Kian, Ketua Agupena Cabang Flores Timur bersama rekan – rekan pengurus memberi apresiasi dan berterima kasih kepada SMPK St. Gabriel yang telah mendukung gerakan literasi di Flotim dengan cara yang berbeda, unik dan kreatif. “Cara SMPK St. Gabriel dalam menerapkan gerakan literasi di sekolah bagi kami unik dan kreatif. Hal baik ini, patut diteladani oleh sekolah lain di Kabupaten Flores Timur,’kata Maksi (Humas Agupena Flotim) ***

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

*

Tulisan Terbaru tentang Berita

Go to Top