BERGURU SEMALAM PADA BEGAWAN

Rubrik Kegiatan/Literasi Oleh

(Kesan Bertemu Dengan Aziz Kei Tokan Kepala Biro Kantor Berita Antara Papua Barat)

Di beranda rumah Bapak Jamil Demon Sesa. Malam lumayan gigil membalut kampung Weranggere, Witihama. Belasan anak muda dan orang tua duduk melingkarinya. Mereka tengah dililiti takzim demi menekuri setiap perkataan yang melesat dari mulut seorang lelaki paruh baya.

Aziz Kei Tokan (Tengah, baju hitam)

Aziz Kei Tokan, nama lelaki itu. Kepala Biro Kantor Berita Antara Papua Barat adalah jabatannya. Lelaki berusia lima puluh dua tahun ini begitu ngalir bertutur. Didedahnya setiap ihwal tulis-menulis. Genre tulisan jurnalistik beserta sengkarut hal syahwal yang merunutinya, dibedahnya dengan amat sederhana. Teknik menulis feature, reportase, straigh news, dan esai, diluruhkannya bagai menghiris kulit mentimun. Terkelupas sampai tuntas.

Pemilik sertifikat Pengguna Bahasa Indonesia ini juga memaparkan contoh-contoh sederhana berbahasa yang mudah dipahami, oleh anak SD kelas 4 sekalipun. Bagaimana tidak, baliau adalah instruktur utama Antara bagi jurnalis pemula pabila magang. Pun dosen komunikasi pada beberapa kampus di Papua.

Tampilannya sederhana, sesederhana penjelasan-penjelasannya. Baju kaos, celana jeans yang warnanya sudah memudar, sandal jepit, itu saja pakaian yang mengatupi jasadnya. Tetapi, di balik kesederhanaan penampilannya, jangan dikorek kompetensi menulis. Bisa megap-megap mulutmu dibikin terkagum sampai lupa mingkem.

Semalam sahaja berguru padanya ibarat berkuliah 14 kali pertemuan. Tidak ada teori yang njelimet, atau perkara kerumitan berbahasa yang membuatmu kapok belajar tata bahasa. Bahasa dibuatnya sepraktis mungkin dalam kebermanfaatan penggunaan. Kamu seperti tengah merasakan khasiat menggunakan pil tidur di saat bangun dalam keadaan plong.(Muhammad Soleh Kadir – Pengurus Agupena Flotim) ***

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

*

Tulisan Terbaru tentang Kegiatan

Go to Top