BUPATI FLOTIM HADIRI HALAL BI HALAL WITIHAMA

Rubrik Berita/Kegiatan Oleh

Bupati Flores Timur (Flotim) Antonius Gege Hadjon menghadiri acara Halal bi Halal yang dilaksanakan oleh Pengurus Masjid Attaqwa, Witihama (Selasa, 4/7/2017) di halaman Masjid Attaqwa, Desa Oringbele, Kecamatan Witihama. Bupati hadir bersama rombongan Anggota DPRD Flores Timur Sahar Libu Pati, Polikarpus Blolo, dan Akhmad Muktar serta Dandim Larantuka. Hadir pula Anggota DPRD NTT Anwar Hajral.

Dalam sambutannya, Bupati Anton menyampaikan, bicara Pancasila maka bicara NTT, bicara Flotim, bicara Adonara, dan bicara Witihama. “Momentum Halal bi Halal hari ini yang dihadiri juga oleh umat Katolik menjadi bukti bahwa Witihama adalah daerah yang memiliki toleransi yang tinggi,” tandas beliau. Mantan Anggota DPRD Flotim ini, juga mengajak seluruh masyarakat untuk menghargai setiap perbedaan yang ada. “Perbedaan ini adalah sunnatullah dan harus diterima secara baik sehingga menjadi sebuah kekuatan untuk membawa Flores Timur ke arah yang lebih baik,” tegasnya.

Ustadz Awaludin Husein dalam tauziah Halal bi Halal mengatakan, Halal bi Halal adalah salah satu tradisi Islam Indonesia yang tidak ada di negara lain. “Nilai positifnya adalah kita bisa saling memaafkan dan menjaga kerukunan,” terangnya. Kepala Seksi Bimas Islam Kemenag Flotim ini juga mengatakan eforia Pilkada DKI jangan sampai merusak tatanan toleransi masyarakat Witihama. “NTT pernah mendapatkan Harmony Award kategori Provinsi Toleransi karenanya kita wajib menjaga predikat ini,” katanya.

Mewakili Umat Islam, Akhmad Muktar menyampaikan, pentingnya pendekatan budaya dalam membangun masyarakat. “Secara historis, gereja dan masjid di sini dibangun secara bersama-sama oleh umat kedua agama ini.

Pastor Paroki Witihama, Romo Amatus Witak dalam sambutan mewakili Umat Katolik mengatakan, hal yang lebih penting dari Halal bi Halal adalah efeknya dalam kehidupan selanjutnya. “Manusia harus saling memaafkan sehingga mampu menyelamatkan manusia lain juga kehidupan alam semesta,” ungkapnya.

Hadir dalam acara kekeluargaa ini, Bupati Flores Timur, Dandim Flotim, Anggota DPRD Flotim khusus Dapil IV, Camat Witihama, Imam Mesjid se – Kecamatan Witihama, Pastor Paroki Witihama, Kepala Desa se- Kecamatan Witihama, Kepala- kepala Sekolah se- Kecamatan Witihama, Pengurus Agupena Flotim, dan sedikitnya duaribuan umat (Islam & Katolik) se – Kecamatan Witihama. (Muhammad Soleh Kadir – Pengurus Agupena Flotim) ***

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

*

Tulisan Terbaru tentang Berita

Go to Top