CARA MUDAH GURU MENULIS

Rubrik Literasi Oleh

Oleh: Sawali Tuhusetya

Ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan oleh seorang guru yang aktif menulis. Salah satu di antaranya adalah popularitas. Melalui tulisan, seorang guru mampu menyuguhkan pemikiran-pemikiran kritis dan kreatif kepada publik dengan jangkauan yang (nyaris) tak terbatas. Semakin banyak tulisan yang sukses menembus media cetak, nama sang penulis juga akan makin pupuler dan mendapatkan tempat tersendiri di mata pembaca. Dengan demikian, guru yang membudayakan aktivitas menulis akan mampu membangun opini publik terhadap persoalan-persoalan pendidikan yang hingga saat ini masih sarat dengan beban masalah.

Pernyataan tersebut merupakan kutipan materi Seminar Nasional “Cara Menulis Mudah bagi Guru” yang diselenggarakan oleh Agupena Jawa Tengah pada Minggu, 9 Juli 2017 di SMAN 3 Semarang. Berikut slidenya:

Yang ingin mengunduh silakan klik tautan berikut:

CARA MUDAH GURU MENULIS

Seorang guru, penyuka musik tradisional, penikmat sastra, dan bloger. Sebagian besar tulisannya dipublikasikan di blog pribadinya sawali.info. Ikut berkiprah di Agupena pada Bidang Pengembangan Profesi. Buku kumpulan cerpen pertamanya, Perempuan Bergaun Putih, diterbitkan oleh Bukupop dan Maharini Press (2008) dan diluncurkan di Pusat Dokumentasi Sastra H.B. Jassin, Taman Ismail Marzuki, Jakarta, pada hari Jumat, 16 Mei 2008 bersama kumpulan puisi Kembali dari Dalam Diri karya Ibrahim Ghaffar (sastrawan Malaysia).

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

*

Tulisan Terbaru tentang Literasi

Go to Top