CARA EFEKTIF BELAJAR BAHASA INGGRIS

Rubrik Pendidikan Oleh

Oleh: Agnetis Da Noa, S.Pd.
(Guru Bahasa Inggris SMPS Baipito Watowiti)

Agnetis Da Noa, S.Pd.

Bahasa Inggris atau English adalah bahasa Jermanik yang pertama kali dituturkan di Inggris pada Abad Pertengahan Awal dan saat ini merupakan bahasa yang paling umum digunakan di seluruh dunia. Bahasa Inggris dituturkan sebagai bahasa pertama oleh mayoritas penduduk di berbagai negara, termasuk Britania Raya, Irlandia, Amerika Serikat, Kanada, Australia, Selandia Baru, dan sejumlah negara-negara Karibia; serta menjadi bahasa resmi di hampir 60 negara berdaulat. Bahasa Inggris adalah bahasa ibu ketiga yang paling banyak dituturkan di seluruh dunia, setelah bahasa Mandarin dan bahasa Spanyol. Bahasa Inggris juga digunakan sebagai bahasa kedua dan bahasa resmi oleh Uni Eropa, Negara Persemakmuran, dan Perserikatan Bangsa- Bangsa, serta beragam organisasi lainnya. (https://id.wikipedia.org/wiki/Bahasa_Inggris, akses Juni 2017).

Defenisi ini menggambarkan begitu penting dan strategis bahasa inggris dipelajari di bangku pendidikan. Dalam konteks pendidikan, bahasa inggris berfungsi sebagai alat komunikasi dan mengakses informasi interpersonal yang tidak beda jauh pentingnya dengan bahasa indonesia. Pengalaman Penulis sebagai guru Bahasa Inggris pada Sekolah Menengah Pertama (SMP) Swasta Baipito khususnya kelas VIII (delapan), pelajaran bahasa inggris oleh siswa dirasakan sulit. Indikatornya terlihat dalam observasi pembelajaran juga nilai siswa yang diperoleh saat ujuan semester. Siswa merasakan sulitnya belajar bahasa Inggris.

Ada beberapa hal mendasar yang memicu sulitnya siswa menguasai pembelajaran ini diantaranya; kurangnya minat siswa untuk mengusai perbendaharaan kata, pengucapan, penulisan, tata bahasa dan struktur kalimat. Hal lain yang sangat kuat menjadi faktor penguasaan kosa kata bahasa inggris adalah bahasa inu (mother toungue) yang masih melekat dalam percakapan siswa sehari- hari. Umumnya siswa siswa cendrung berbahasa daerah ketimbang berbahasa indonesia. Hampir seluruh guru menghimbau siswa untuk berbahasa indonesia baik di dalam kelas maupun di luar kelas, sehingga dengan itu siswa dapat mengusai perbendaharaan kata dengan baik dalam bahasa indonesia maupun bahasa inggris, namun tetap saja siswa berbahasa daerah. Kondisi ini menyebabkan siswa pasif dalam pembelajaran bahasa inggris.

Agar tidak sulit dalam berbahasa inggris maka anak – anak sejak dini harus diperbiasakan bahasa indonesia (bahasa nasional). Dari bahasa indonesia, anak lalu diperkenalkan bahasa inggris (bahasa internasional). Bahasa inggris menjadi bekal yang penting di masa yang akan datang baik dalam berkomunikasi maupun masuk di dunia kerja. Perbiasakan diri menghafal kosa kata dalam bahasa inggris paling kurang 5- 10 kata setiap hari. Dengan begitu siswa mampu menyusun kalimat yang baik dan bahkan bisa menyusun sebuah wacana ataupun percakapan dalam bahasa imggris yang baik. Selain itu beberapa hal lain yang dapat ditugaskan kepada siswa yakni; Menyanyikan lagu lagu dalam bahasa inggris, menerjemahkan percakapan sehari- hari baik itu bersama orang tua, saudara maupun teman dari bahasa daerah ke dalam bahasa indonesai dan bahasa inggris. Berikut, perbiasakan bercakap bahasa inggris dalam keseharian baik di sekolah maupun di lingkungan masyarakat.

Lima hal yang dapat dilakukan meningkatkan keterampilan berbahasa inggris diakses http://www.sekolahbahasainggris.com, Juni 2017: (1) Baca Kosa Kata (Vocabulary) susun dan baca setiap kosa kata setiap hari yang berhubungan dengan kegiatan sehari- hari, misalnya: nama- nama benda. Perlahan mampu menguasai kosa kata, karena setiap hari aktivitas dan benda yang ditemukan bervariasi. (2) Dengarkan Lagu Bahasa Inggris, Belajar bahasa inggris tidak membebankan. Melalui lagu kita dapat mengusai perbendaharaan kata bahasa inggris bahkan bisa bernyanyi bahasa inggris. Nikmati lagu, buka berulang ulang setiap hari, perlahan bisa mengusai kata dan kalimat- kalimat dalam bahasa inggris. (3)Tulis semua hal dalam bahasa inggris. Mulailah ini dari pagi hari sejak bangun tidur. Tulislah semua hal dalam bahasa inggris, baik itu kata, kalimat maupun sebuah pristiwa. Lakukan itu satu hari full. Lakukan kegiatan ini secara berulang. (4) Berbicara dalam bahasa inggris full. Praktekan berbicara bahasa inggirs secara full. Anggap semua yang ada di sekitarmu adalah bule dan kamu diwajibkan berbahasa inggris. Lakukan ini kapan saja, dengan siapa saja dan dimanapun. Bila perlu saat berkomunikasi dengan diri sendiri gunakan bahasa inggris. (5) Nonton Film, Menonton film barat tanpa terjemahan dalam bahasa indonesia setiap hari akan membantu penguasaan kosa kata dalam bahasa inggris, juga kalimat dalam bahasa inggris. Lima hal ini akan efektif jika dilakukan berulang – ulang.

Bahasa inggris sebagai bahasa internasional wajib diperkenalkan kepada anak sejak dini. Sebagai alat komunikasi internasional, orang yang menguasai bahasa inggris mendapat banyak kemudahan dalam berkomunikasi dalam acara tertentu, maupun saat berada di negara lain. Anak cerdas, pintar berbahasa inggris.***

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

*