SUKSESKAN KEMAH HUT PRAMUKA, PANITIA UNDANG PEGIAT LITERASI

Rubrik Berita/Kegiatan/Literasi Oleh

Dalam rangka menyukseskan Perkemahan HUT Gerakan Pramuka ke-56 Tingkat Kwarcab Flotim di Desa Waiwuring, Kecamatan Witihama (11-14/08/2017), Panitia Pelaksana mengundang para pegiat literasi NTT. Para pegiat dimaksud adalah Alexander T. Ofong (Anggota DPRD Provinsi NTT), Dr. Lanny Isabella Koroh, M.Hum (dosen), Gusty Richarno (Pimpinan Media Pendidikan Cakrawala NTT), dan Maksimus Masan Kian, S.Pd (Ketua Agupena Flotim).

Pamflet Kegiatan
Dr. Lanny Koroh (Penggiat Literasi)
Alexander Take Ofong (Wakil Ketua DPRD NTT)
Gusty Richarno (Pemimpin Umum Media Pendidikan Cakrawala NTT)
Maksimus Masan Kian (Ketua Agupena Flotim)

Demikian disampaikan Ketua Panitia Agussalim Bebe, melalui sambungan ponsel pagi tadi (30/07/2017) dari Larantuka, Flores Timur. Menurut Agus, sapaan Agussalim, keempat pegiat literasi ini sengaja diundang panitia sebagai wujud dukungan terhadap Pemda Flotim untuk mendorong Flotim sebagai Kabupaten Literasi. “Kami sengaja menyediakan beberapa jam pada tanggal 13 Agustus 2017 untuk para pegiat literasi mengampanyekan gerakan literasi bagi peserta bumi perkemahan,” katanya.

Agus juga mengharapkan, dengan adanya sesi kegiatan ini dalam bumi perkemahan, tentu menjadi sebuah langkah maju dalam menggerakan literasi pada semua aspek kehidupan, termasuk Pramuka. “Pramuka punya orientasi pembentukan karakter, demikian pun gerakan literasi. Karenanya kedua gerakan ini mesti dikombainkan secara masif dan terarah,” cetusnya.

Oleh sebab itu, lanjut Agus, di bumi perkemahan nanti akan disediakan pula stand literasi untuk memajang buku-buku yang akan dibaca secara gratis oleh peserta bumi perkemahan. “Tidak hanya itu, panitia juga menyediakan majalah dinding untuk menampilkan tulisan-tulisan peserta bumi perkemahan, baik guru maupun siswa,” katanya.

Dr. Lanny Isabella Koroh, M.Hum, dalam komunikasi via facebook pagi tadi menyampaikan kesediaan dan kegembiraan atas kesempatan yang diberikan oleh panitia dalam upaya mengampanyekan gerakan literasi ini. “Saya sudah lama merindukan bergabung dengan anak-anak Pramuka, apalagi dalam nuansa perkemahan dan literasi. Bagi saya, ini sebuah kesempatan yang menarik sekaligus menantang,” katanya.

Sementara itu, Gusti Richarno mengungkapkan, Media Pendidikan Cakrawala NTT konsern dengan kegiatan-kegiatan yang bernuansa pendidikan, termasuk literasi. Karenanya, beliau memastikan hadir dan memberikan kontribusi positif guna terwujudnya Flotim sebagai Kabupaten Literasi. “Selain mendorong minat dan kecintaan anggota Pramuka kepada literasi, kegiatan ini juga memberi sinyal positif bahwa Flotim menjadi taman yang subur bagi tumbuhnya benih-benih literasi,” ungkapnya. (Muhammad Soleh Kadir) ***

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

*

Tulisan Terbaru tentang Berita

Go to Top