Sinergi ASPENSI dengan STISIP Amal Ilmiah YAPIS Wamena

Rubrik Berita/Literasi Oleh

Ismail Suardi Wekke
(STAIN Sorong & Agupena Papua Barat)

Asosiasi Sarjana Pendidikan Sarjana Indonesia (ASPENSI) mengelola badan penerbitan ilmiah yaitu Minda Masagi. Pengalaman lebih sepuluh tahun itulah yang menjadi pertimbangan STISIP Amal Ilmiah YAPIS Wamena untuk menggandeng ASPENSI dalam pengelolaan terbitan berkala ilmiah.

Demikian disampaikan Dr. Rudihartono Ismail, M.Pd., Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Amal Ilmiah YAPIS Wamena dalam menyongsong penerbitan jurnal di kampus STISIP Amal Ilmiah. Untuk itu, dilaksanakan lokakarya pengelolaan jurnal dalam mempersiapkan penerbitan jurnal.

Begitu pula, kegiatan lokakarya ini didukung Majelis Sinergi Kalam Ikatan Cendekiawan Muslim Se-Indonesia (MASIKA ICMI). Sebagai organisasi kecendekiawanan, MASIKA ICMI berkomitmen untuk menjadi bagian dari komponen bangsa yang mempejuangkan usaha dalam kemajuan ilmu pengetahuan.

Pelaksanaan lokakarya berlangsung selama dua hari, Kamis-Jumat, 10 s.d. 11 Agustus 2017 bertempat di Aula Anwaruddin, kampus STISIP Amal Ilmiah di Hom-hom yang merupakan kampus II STISIP. Acara lokakarya diikuti pengelola jurnal dari empat program studi dan juga Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat sebagai salah satu pusat yang mengelola jurnal. Demikian pula dihadiri dari pusat teknologi komunikasi yang mengelola instrumen penerbitan yang berbasis eletronik.

Selanjutnya, dengan kolaborasi tiga pilar ini akan diupayakan menerbitkan jurnal sebagai salan satu rujukan dalam proses pembelajaran. Untuk itu, salah satu luaran yang akan diusahakan bersama adalah Honai: Jurnal of Cultural Studies. Dengan mengelolanya bersama, jurnal ini akan menjadi wadah penerbitan akademik yang berkaitan dengan cakupan ilmu budaya. ***

Lahir di Camba, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. Menyelesaikan pendidikan doktor di Universiti Kebangsaan Malaysia. Sekarang ini bertugas di Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Sorong, Papua Barat. Sejak 2010 ditugaskan sebagai pelaksana kepala Pusat Penjaminan Mutu STAIN Sorong sampai 2011. Sejak 2012 sebagai Kepala Pusat Penjaminan Mutu STAIN Sorong untuk periode 2012-2016. Kemudian, diangkat kembali untuk periode 2016-2020. November 2016 menjadi bagian Southeast Asia Academic Mobility (SEAAM). Kini, menjadi Pengurus AGUPENA Papua Barat.

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

*

Tulisan Terbaru tentang Berita

Go to Top