Agus Boli: Gerakan Literasi Tidak Sekadar Dideklarasikan, tetapi Digerakkan

Rubrik Berita/Literasi Oleh

“Gerakan Literasi tidak sekedar dideklarasikan tetapi jauh lebih penting dari itu adalah terus digerakkan. Teruslah bergerak, mengajak, memotivasi dan menginspirasi segenap elemen masyarakat untuk mendukung gerakan literasi sebagai sebuah gerakan sosial yang mempu meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Teruslah,  menggerakan gerakan literasi. Tentang pendeklarasian Flores Timur sebagai sebuah Kabupaten Literasi, itu akan ada waktunya setelah kita lebih matang membudayakan gerakan ini. Pendeklarasian itu seremoni. Hal yang terpenting adalah terus bergerak hingga mampu mendorong orang lain sama – sama menggiatkan aktivitas membaca dan menulis. Demikian petikan pernyataan Wakil Bupati Flores Timur Agustinus Payong Boli saat memberikan sapaan untuk sedikitnya 600 siswa dan  60 guru pendamping perkemahan untuk tingkat Kecamatasn Ile Boleng di Ole Bele Desa Lewqopao Kecamatan Ile Boleng Flores Timur, Sabtu (12/8/17) malam.

Agus Boli setelah meresmikan Pondok Baca Lamahelan, didampingi  Camat Ile Boleng  Ariston Kolot Ola, Anggota DPRD Flotim Pius Pedang, Ketua Agupena Flotim Maksimus Masan Kian memberikan motivasi kepada peserta perkemahan. Bagi Agus Boli, siswa yang sudah terlibat perkemahan sejak dini akan membentuk mental dan karakternya menjadi seorang pemimpin. “Mengapa untuk setiap kali perkemahan selalu memilih tempat yang sulit, jauh dari keramaian, akses transportasi yang sulit? karena di bumi perkemahan adik adik akan diuji militasinya, dilatih bagaimana bisa mandiri,  bertangungjawab dan mampu bekerja sama dalam tim.

Wakil Bupati Flotim pada kesempatan itu memberikan bantuan dana kepada panitia pelaksana kemah tingkat kecamatan Ile Boleng dan uang tabungan pendidikan untuk tiga orang yang akan dinilai pada akhir perkemahan sebagai peserta terbaik.

Agus Boli meminta kepada Panitia agar selama masa perkemahan, dapat menyiapkan agenda kepada Agupena Flores Timur untuk memberikan materi tentang pentingnya Gerakan Literasi untuk anak – anak di bumi perkemahan “ di perkemahan adik adaik sudah dilatih kemandirian dan tanggungjawab. Buka juga ruang untuk menggali potensi dan skill yang ada dalam diri untuk dapat membuat hidup ke depan lebih baik, melalui gerakan literasi.

Wakil Bupati Flotim yang senang blusukan ini melakukan beberapa quis untuk anak – anak peserta perkemahan, melakukan peninjauan kondisi beberapa kemah dan kemudian makan malam bersama pembina pramuka dengan suguhan makanan lokal (ubi rebus, dan ikan kering).Ia juga memberikan motivasi kepada anak anak sekolah dan juga guru untuk belajar menabung. “Anak anak harus kita latih untuk menabung. Menabunglah sejak dini sehingga pada saat kuliah tidak susah lagi cari uang. Tidak lagi mencari atau harus meminjam uang baru kuliah. Menabunglah. Saya anjurkan menabung di koperasi. Simpan berapa saja dan pada waktunya dapat bermanfat. Kita berharap, ke depannya anak anak Flotim semuannya bisa sekolah sampai tingkat sarjana. Jangan sampai kita kalah bersaing hanya karena kelemahan kita dalam mengatur uang dalam memenuhi prioritas kebutuhan kita yang urgen dan penting untuk masa depan,’tegas Agus Boli. (Maksimus Masan Kian)

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

*

Tulisan Terbaru tentang Berita

Go to Top