Danau Hijau Toska di Timur Flores

Rubrik Berita Oleh

(Mengenal Danau Waibelen)

Flores memang layak menyandang gelar Pulau Bunga (Flower, Flores). Alasannya, keindahan alam yang dimiliki pulau berbentuk gambus ini sungguh tak terkira. Di ujung barat ada Wisata Laut Labuan Bajo. Di tengah ada Wisata Alam Danau Tiga Warna Kelimutu. Di ujung timur, ada Danau Hijau Toska Waibelen (Danau Asmara).

Danau Waibelen berada di Desa Waibao, Kecamatan Tanjung Bunga, Kabupaten Flores Timur ( Flotim). Jarak dari ibukota kabupaten, Larantuka, ke danau sekisar 57 kilo. Tentu lumayan jauh.

Namun, jarak yang jauh itu akan terbayar lunas oleh keindahan alam telaga alami ini. Lihatlah, danau seluas dua hektar ini menyajikan genangan air berwarna hijau toska. Ia dikelilingi pepohonan yang besar, tinggi menjulang, dan rindang.

Warna hijau toska terlihat kian kontras karena dikelilingi pepasiran berwarna abu-abu. Pun, genangan airnya amat tenang seakan mengirim pesan ketenangan dan kenyamanan.

Pesona ini dapat Anda nikmati secara sempurna dari ketinggian. Di Rumah Pohon. Itu sebuah pondok kayu tiga tingkat yang dibangun di atas pohon besar usai melewati gapura masuk.

Bila ingin lebih sempurna lagi menikmati keindahan danau ini, Anda dapat menikmatinya dari Pondok Ceruk. Ini sebuah pondok bambu yang dibangun persis di bibir danau menjorok ke tengah.

Di pondok ini, Anda dapat meresapi semilir angin danau. Tipis, sejuk, dan sesekali mendayu. Aroma khas ceruk danau pun dapat Anda hirup dengan leluasa.

Bila mau sedikit romantis, apalagi bersama pasangan, jelajahi setiap lekuk danau dengan bersampan. Anda bisa dipandu oleh pengelola atau bila bisa sendiri, silakan.

Fasilitas di Danau Waibelen serba lima ribu. Baik jasa parkir, Rumah Pohon, Pondok Ceruk, atau sampan. Di gapura masuk pun tersedia aneka snack.

Tidak percaya? Silakan buktikan! (Muhammad Soleh Kadir- Pengurus Agupena Flotim)

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

*

Tulisan Terbaru tentang Berita

Go to Top