Sekolah di Flotim yang Berlangganan Majalah Pendidikan Cakrawala NTT, 2,89%

Rubrik Berita/Literasi Oleh

Salah satu cara mendukung Gerakan Literasi Dasar (membaca dan menulis) tingkat sekolah adalah berlangganan majalah atau koran, untuk memperkaya bahan bacaan siswa.

Kepala Dinas PKO Flores Timur, Bernadus Beda Keda
Majalah Pendidikan Cakrawala NTT

Majalah Pendidikan pertama dan saat ini menjadi satu satunya di NTT adalah Majalah Cakrawala NTT. Selain dua majalah lain Kabar NTT dan Warta Flobamora. Tiga majalah ini, sangat cocok sebagai bahan bacaan guru dan siswa di sekolah, termasuk masyarakat pada umumnya. Namun, di Kabupaten Flores Timur (Flotim), belum banyak sekolah yang “berani” menggunakan Dana Biaya Operasional Sekolah (BOS) untuk langganan majalah sebagai bahan bacaan di sekolah. Padahal secara regulasi, 20% Dana BOS, dapat digunakan untuk berlangganan media.

Berikut kami tampilkan data, sekolah-sekolah di Flores Timur yang berlangganan Majalah Pendidikan Cakrawala NTT. Selain majalah dan koran lainnya. SMAN 1 Adonara Barat (15eks),SMAN 1 Larantuka (11 eks) SMAN 1 Tanjung Bunga (5 eks) SMAN 1 Solor Barat(5eks) SMPN 1 Wulanggitang (5 eks) SMPN 1 Tanjung Bunga (5eks) SMPN 1 Lewolema (3eks) SMPN 2 Adonara Timur (4eks) SMP PGRI Larantuka (1 eks) SDI Supersemar (1 eks) SDI Welo( 1 eks) SMPN Satu Atap Riangpuho (1 eks).

Fakta ini, miris dengan gerakan literasi yang sudah dan sedang digerakkan di Kabupaten Flores Timur. Total sekolah SD, SMP dan SMA/K di Flores Timur (Negeri dan Swasta) SD:298, SMP:74, SMA: 30, SMK:13, total 415. (Refrensi Kementerian Pendidikan).%sekolah yang berlangganan 2.89%. Sekolah yang tidak berlangganan, 97,1%.

Sekolah yang tidak berlangganan Majalah Pendidikan Cakrawala NTT: 97,1%. Berapa harga Majalah untuk 1 Eksmplar? Hanya Rp. 25.000. Angka ini sangat kecil, untuk biaya 20% dari Dana BOS yang sesuai regulasi dipergunakan untuk biaya langganan membeli buku dan berlangganan media.

Perlu ada langkah cepat dan berani, untuk membangun kreasi kreasi di sekolah dalam    mengakarkan Gerakan Literasi (GL) di sekolah. Salah satunya, sekolah berlangganan majalah.

Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olaraga (PKO) Flotim, sudah bergerak cepat dengan mengandeng Media Pendidikan Cakrawala NTT dan Agupena Flotim. Saatnya Kepala Kepala sekolah di Flotim mengimbanginya dan bergerak bersama sejalan dengan apa yang telah diinisiasi oleh Kepala Dinas PKO Flotim ini. Kadis PKO, Minggu (3/9/17) mengatakan, semua sekolah yang selama ini telah berkolaborasi dengan Agupena Flotim dan Media Pendidikan Cakrawala NTT, wajib berlangganan Majalah Pendidikan NTT. “Sebagai Kepala Dinas PKO Flotim yang sejauh ini bergerak bersama Media Pendidikan Cakrawala dan Agupena Flotim dalam menghidupkan gerakan literasi di Flotim, berharap agar semua sekolah dibawah dampingan Agupena Flotim dan Cakrawala NTT maupun sekolah – sekolah lainnya agar bisa berlangganan majalah untuk menambah bahan bacaan di sekolah,”kata Kadis. (Maksimus Masan Kian)

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

*

Tulisan Terbaru tentang Berita

Go to Top