Persiapan UN, SMPN 1 Lewolema Lakukan Bimbingan Belajar Sore

Rubrik Pendidikan Oleh

Dalam rangka persiapan Kelas Ujian Nasional (UN) Tahun Pelajaran 2017/ 2018, Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Lewolema mengambil langkah cepat melakukan dampingan belajar sore hari kepada siswa sejak Selasa (4/9/17).

SMPN 1 Lewolema yang berlokasi di Dusun Welo, Desa Painapang Kecamatan Lewolema, Kabupaten Flotim,  merupakan Unit Sekolah Baru (USB) yang untuk pertama kalinya, ditahun pelajaran ini menyelenggarakan UN. Duduk dibangku kelas IX (sembilan) saat ini adalah angkatan pertama sejak sekolah berdiri dua tahun yang lalu. Jumlah sementara yang akan disertakan dalam UN sebanyak 50 orang. Terdiri dari dua kelas, masing – masing 25 siswa.

Dalam satu minggu, jadwal bimbingan sore terjadi tiga hari (selasa, Rabu, dan Kamis). Siswa yang mengikuti bimbingan belajar sore hari membawa bekal  saat datang pagi hari di sekolah.Usai Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) pagi hari Pkl. 13.30 Wita, siswa bersama guru pembimbing makan bersama dan istirahat di sekolah hingga pkl 15.00 Wita. Bimbingan belajar sore dimulai Pkl. 15.00 Wita sampai Pkl 17.00 Wita. Pakian seragam siswa yang digunakan pagi hari diganti dengan pakian bebas rapih memudahkan siswa bergerak dalam bimbingan belajar sore.

Kepala SMPN 1 Lewolema, Solirus Soda, S.Pd, Rabu (6/9/17) mengatakan, langkah cepat melakukan dampingan belajar kepada siswa karena SMPN 1 Lewolema pada tahun pelajaran 2017/ 2018 untuk pertama kalinya disertakan dalam UN. “Langkah cepat melakukan dampingan belajar sore hari untuk persiapan siswa lebih dini. Siswa kelas IX sekarang adalah angkatan pertama. Persiapan lebih awal, memudahkan siswa mengusai materi yang luas,”kata Solirus.

Mantan Wakil Kepala SMPN 1 Larantuka ini, mengatakan selain bimbingan belajar sore, kepada anak dibangun motivasi untuk mencintai almamaternya. “Kepada anak kami memberikan motivasi sekaligus tantangan untuk bisa meraih kelulusan 100% diangkatan pertama ini, sebagai bentuk kecintaan akan almamaternya. Siswa tentu bangga mempersembahkan terbaik untuk almamaternya,”kata Solirus.

Solirus Soda bersama rekan – rekan guru SMPN 1 Lewolema juga mengajak orang tua wali siswa untuk bekerja sama mendampingi anak – anak. “Kita ajak orang tua wali murid untuk bekerja sama mendukung anak dan mendukung sekolah dengan memperhatikan anak belajar di rumah. Kita harapkan, di lingkungan juga terbentuk kelompok – kelompok belajar malam yang diawasi oleh orang tua wali. Orang tua juga diharapkan mendukung anak dengan membeli buku, memperhatikan pola makan dan istirahat anak sehingga pada waktunya menghadapi UN, anak anak dalam kondisi sehat. Memang kita butuh persiapan lebih awal sehingga kesannya kita tidak sekedar siap, tetapi kita benar- benar siap,”kata Solirus. (Maksimus Masan Kian)

 

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

*

Tulisan Terbaru tentang Pendidikan

Mind Map dan Aikido

Oleh: Yudhi Kurnia Bagi para praktisi pendidikan tentunya tidak akan asing lagi
Go to Top