Agupena Flotim Donasikan Buku Untuk Pojok Baca Polres Flotim

Rubrik Berita/Literasi Oleh

Asosiasi Guru Penulis Indonesia (Agupena) Cabang Flores Timur mengapresiasi semangat Kapolres Flores Timur, Arri Aririyanto yang menyediakan Pojok Baca, dengan menyumbangkan buku bacaan.

Gerakan Kapolres Flotim yang baru beberapa bulan bertugas di Flotim ini langkah dan unik. Ruang Polantas tepatnya di teras samping ruang pembuatan Surat Ijin Mengengemudi (SIM) dibuatkan pojok baca dengan tujuan meningkatkan minat baca warga Flores Timur.

Menurut Kapolres Flotim, motivasi awal untuk menyiapkan pojok baca karena setiap hari banyak warga datang di Polres untuk mengurus SIM. “Sambil duduk menunggu pembuatan SIM, mereka bisa isi dengan membaca buku. Pojok baca walau sederhana, disiapkan untuk meningkatkan minat baca masyarakat. Kita ketahui, NTT minat bacanya masih kurang. Butuh gerakan yang melibatkan berbagai komponen untuk menghidupkan gerakan ini. Hari ini kami mulia, ini belum apa apa. Berharap, bisa dimanfaatkan juga ruang ruang publik lainnya sebagai tempat warga membaca. Sebut saja di terminal, di rumah sakit, juga di ruang tamu kantor pemerintah dan swasta. Ke depan, baik saya maupun anggota yang bertugas keluar daerah, kami anjurkan untuk oleh olehnya adalah buku menambah koleksi buku di pojok baca Polres Flotim,’kata Kapolres

Bagi Kapolres, gerakan literasi adalah gerakan sosial yang mesti didukung oleh banyak pihak. “Gerakan literasi saat ini menjadi gerakan nasional. Kapolri bahkan sudah menginstruksikan, kepada Kapolda dan Kapolres untuk turut serta menggiatkan gerakan literasi sebagai jalan pembentukan karakter anak. Senang sekali bisa bertemu dan berbagi cerita tentang gerakan literasi, bersama Ketua Agupena Flotim. Gerakan ini sudah dihidupkan secara nasional, dan kami dilingkup kepolisian juga diintruksikan untuk turut menggiatkan gerakan literasi sebagai jalan pembentukan karakter anak. Di Polres Flotim, kami memghimbau anggota polisi untuk turut menggerakan literasi dasar (membaca). Tindak lanjut dari himbaun ini, kami membuat pojok baca di samping ruang, tempat pembuatan surat Ijin Mengemudi (SIM),’kata Kapolres.

Maksimus Masan Kian, Ketua Agupena Flotim pada kesempatan itu memberikan sedikitnya 24 judul buku dan beberapa majalah Cakrawala, Warta Flobamora dan Kabar NTT. Maksi pada kesempatan itu mengatakan, jika diskusi tentang literasi bersama pihak Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olaraga (PKO) itu adalah hal biasa, namun jika diskusi literasi dengan pihak kepolisian itu sungguh luar biasa. “Jujur, saya merinding atas apa yang dilakukan Kapolres Flotim bersama segenap anggotanya. Tentang gerakan literasi, jika berdiskusi dengan pihak PKO Flotim itu biasa, namun jika diskusi literasi dengan pihak kepolisian itu sungguh luar biasa. Ke depannya kita saling berbagi informasi dan terus menghidupkan pojok baca Polres Flotim, ‘kata Maksi. (Humas Agupena Flotim)

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

*

Tulisan Terbaru tentang Berita

Go to Top