Home » Pendidikan » Mind Map dan Aikido » 186 views

Mind Map dan Aikido

Rubrik Pendidikan Oleh

Oleh: Yudhi Kurnia

Bagi para praktisi pendidikan tentunya tidak akan asing lagi dengan metode peningkatan kemampuan otak dengan menggunakan metode Mind Map bukan?, Mind Map merupakan sebuah metode yang di ciptakan oleh Tony Buzan. Seorang penulis yang telah melahirkan lebih dari 100 buah buku serta di cetak di hampir 150 negara.

Ide ataupun temuan dari seorang Tony Buzan inilah yang telah sedikitnya mendorong saya senang dengan menulis. Membuat sebuah tulisan akan sangat cepat dan mudah apabila di awali dengan pembuatan Mind Map terlebih dahulu, sampai saat ini saya hampir selalu berpikir dengan metode mind map ini.
Membaca biografi dari seorang Tony Buzan, ada beberapa hal yang sangat menarik perhatian saya. Salah satu diantaranya adalah kemiripan dalam menekuni sebuah hobby olahraga. Cabang olah raga yang ditekuni Tony Buzan adalah beladiri Aikido, sebuah beladiri yang juga sama di geluti oleh saya secara pribadi.

Ternyata antara aikido dan Tony Buzan sebagai pencipta dari metode belajar dengan mind mapnya ini sungguh sangat berkaitan. Entah apa yang melatar belakangi master dari MindMap ini berlatih aikido.Namun, yang jelas bahwa aikido banyak di minati oleh kalangan pemikir dan pendidik tidak hanya di Jepang sendiri bahkan sudah merambah ke setiap penjuru dunia.

Metode mind map dalam menuliskan ide dalam bentuk tulisan sungguhlah sangat menarik. Hal ini dikarenakan seorang mind mapper akan bergelut dan juga menulis sesuai dengan kesukaan otak dalam berpikir, salah satunya adalah dengan gambar dan juga warna yang beragam. Dalam menggambar ataupun membuat sebuah karya mind map kita hanya tinggal mempunyai ballpoint dengan warna-warni, atau spidol warna-warni, atau pensil warna-warni dan sebuah kertas putih polos, atau buku gambar agar lebih tebal sedikit.

Menggambar dalam mind map kita tinggal menempatkan sebuah topik atau ide di tengah kertas. Gambar ini akan menjadi pusat dari tulisan yang akan kita buat. Selanjutnya adalah dengan menarik gambar bercabang dan di sesuaikan dengan sub-sub tema yang akan dibuat, dalam sub tema tersebut di buat cabang-cabang lagi untuk menggambarkan hal yang akan dibuat detailnya. Menuliskan sebuah kata diatas gambar cabang tersebut. Buatlah sampai cabang terkecil dan detail tulisannya.

Bagi saya untuk dapat memahami dan juga mahir dalam mind map ini bukan perkara instan. Perlu waktu dan banyak latihan. Berlatih membuat jadwal rapat, membuat catatan presentasi, membuat pokok-pokok pembelajaran yang akan disampaikan dikelas dapat menggunakan metode mind map ini. Bahkan, untuk membuat sebuah tulisan baik itu artikel ataupun buku metode mind map ini sangatlah membantu.

Pada era digital saat ini mungkin kita akan menambahkan kemampuan mind maping dengan menggunakan software bolehlah kiranya mencoba menggunakan software khusus untuk membuat mind map. Software resmi yang dikeluarkan oleh Buzan Internasional pun ada yaitu iMindmap. Dengan menggunakan software ini pembuatan mind map akan semakin cepat dikarenakan berbantukan komputer dan aplikasi.
Sampai saat ini saya masih belajar-belajar-berlatih-berlatih dalam menggunakan konsep mind map ini.

Silakan anda memilih menggunakan metode manual atau berbantukan komputer dan aplikasinya, bergantung dari kenyamanan anda masing-masing. Mau murah? manual pilihannya, mau cepat aplikasi jadi temannya. So apapun itu yang tidak akan berhasil adalah yang tidak pernah mencoba. Jadi coba dahulu mungkin saja Mind Map dapat membantu anda dalam melejitkan kualitas dalam bentuk penulisan ataupun aktifitas pekerjaan dan kehidupan sehari-hari anda. Terimakasih. ***

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

*

Tulisan Terbaru tentang Pendidikan

Go to Top