Pertanyaan Berkelas Menghasilkan Jawaban Berkualitas

Rubrik Pendidikan Oleh

Oleh: Yudhi Kurnia

Membuat dan memberikan pertanyaan-pertanyaan bagi seorang guru adalah hal yang biasa dan lumrah untuk para siswanya. Pertanyaan-pertanyaan tersebut di buat dan diberikan untuk mengukur seberapa jauh pengetahuan dari para siswa tentang suatu hal atau ilmu pengetahuan. Namun, apakah setiap pertanyaan yang diberikan mampu menggali kemampuan siswa kepada ranah berpikir tingkat tinggi ? atau hanya berputar di pola berpikir tingkat rendah?

Kecerdasan seorang guru dalam memberikan pertanyaan memang sangat diperlukan dalam membelajarkan siswanya di dalam kelas, agar mampu memunculkan potensi sebenarnya yang harus di miliki oleh para siswa untuk kehidupannya di masa yang akan datang.

Pembelajaran para siswa dikelas saat ini harus mampu mendorong agar siswa tersebut mampu untuk berkembang dan hidup di masa yang akan datang. Kehidupan mereka yang di alami sekarang adalah guna mempersiapkan mereka di masa tua nanti. Kemajuan jaman terus berubah, para siswa harus mampu menghadapi kehidupannya kelak, itu semua di awali dari pembelajaran saat ini, hari ini.

Kemampuan yang diperlukan para siswa di masa yang akan datang, perlu dilatihkan semenjak dini. Salah satunya adalah dengan melatih mereka untuk dapat berpikir secara kritis dan mampu menjawab pertanyaan yang mengandung nilai-nilai berpikir tingkat tinggi atau sering disebut dengan istilah high order thinking skill.

Pemikiran tingkat tinggi ini hanya bisa di rangsang dengan cara pemberian pertanyaan-pertanyaan yang menggugah pemikiran tingkat tinggi tersebut. Istilah lain ada yang menyebutkan dengan belajar secara bermakna atau mendalam – deep learning. Pembelajaran bermakna bisa ditunjang dengan pertanyaan yang bermakna juga atau pertanyaan yang berkelas.

Bentuk-bentuk pertanyaan sangat banyak dan beragam, namun pertanyaan tersebut apabila di hubungkan dengan jawaban yang akan diberikan maka akan berada pada level jawaban, ada pertanyaan yang memerlukn jawaban dengan berpikir di permukaan atau jawaban yang memerlukan pemikiran lebih mendalam.

Pola jawaban yang memerlukan pemikiran secara di permukaan adalah bentuk pertanyaan yang hanya menyentuh ranah pengetahuan bentuk mengingat, memahami dan mengaplikasi. Berbeda dengan jawaban yang memerlukan pemikiran secara mendalam pertanyaan yang menyentuh ranah pertanyaan pengetahuan secara mendalam – deep learning. Diantara kemampuan menjawab bermakna adalah kemampuan untuk menganalisa-analyse, mengevaluasi-evaluate, dan mencipta-create.

Seorang guru yang mengajar dan mendidik di abad 21 ini selain harus mampu membuat pembelajaran lebih menyenangkan, juga di tuntut untuk memberikan pertanyaan yang mampu membelajarkan siswa lebih dari sekedar pembelajaran dengan pertanyaan yang sifatnya biasa saja.

Pertanyaan yang berkelas akan mampu menciptakan jawaban yang berkualitas, hal tersebut menjadi padanan yang pas untuk menggambarkan suasana pembelajaran yang betul-betul berhasil. Seorang guru mempersiapkan pertanyaan yang berkelas, maka jawaban yang diberikan pasti akan menjadi berkualitas.

Jenis-jenis pertanyaan seperti apakah yang mampu membuat pemikiran tingkat tinggi para siswa itu muncul ? salah satu yang paling sederhana adalah bagaimana sebuah pertanyaan yang diberikan mampu memancing pemikiran para siswa, dan juga memerlukan pemikiran yang dihasilkan dari penggabungan pengalaman yang telah lampau yang kemudian di sarikan dengan kondisi actual saat ini.

Pertanyaan seperti jelaskan alasan, bagaimana pendapatmu, apa yang membedakan, bagaimana jika, dan lain sebagainya adalah beberapa pertanyaan yang mampu membangkitkan pemikiran yang lebih tinggi.

Berbeda dengan pertanyaan yang hanya seputar kegiatan menghapal, seperti sebutkan, atau urutkan dan lain sebagainya. Dimana pertanyaan tersebut sesuai dengan taxonomi bloom hanya merupakan pertanyaan yang ada di ranah permukaan saja.

Memberikan pertanyaan yang berkelas hanyalah salah satu dari upaya untuk membelajarkan siswa dengan pembelajaran yang sebenarnya. Kemampuan seorang pendidik dalam membuat daftar pertanyaan yang mampu menggali pengetahuan cara berpikir tingkat tinggi mutlak di perlukan. Ruang kelas adalah ruang dimana peradaban dan kemajuan kelas di mulai. Salah dalam mendidik dikelas maka akan berpotensi terhadap perkembangan dunia dimasa yang akan datang. Harap selalu diingat bahwa pembelajaran para siswa kita saat ini adalah untuk kehidupan mereka dimasa yang akan datang yang penuh dengan tantangan. Bekali mereka agar mampu berpikir kritis, mampu bekerja sama, berkomunikasi dengan baik, literasi secara digital dan mampu menghadapi setiap tantangan dengan pemikiran tingkat tinggi yang mereka miliki. ***

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

*

Tulisan Terbaru tentang Pendidikan

Hidden Kurikulum

Oleh: Fortin Sri Haryani Ada pertanyaan di balik tragedi pembunuhan massal oleh
Go to Top