LOMBA BACA PUISI MAHASISWA SE-TANGERANG SELATAN

Rubrik Berita/Literasi Oleh

SERPONG-Komite Sastra Dewan Kesenian Tangerang Selatan (DKTS) bekerja sama dengan Persatuan Hotel dan Restauran Indonesia (PHRI) Kota Tangerang Selatan mengadakan kegiatan Lomba Baca Puisi Tingkat Mahasiswa se-Kota Tangerang Selatan. Kegiatan tersebut diadakan dalam rangka memperingati Sumpah Pemuda dan Bulan Bahasa Tahun 2017, bertempat di Kampung Konservasi “Rimbun”, yang terletak di Kampung Jati, Kelurahan Buaran, Kecamatan Serpong, Kota Tangerang Selatan, pada hari Minggu (29/10).

Peserta berjumlah 35 orang mahasiswa, berasal dari berbagai perguruan tinggi di Kota Tangerang Selatan, yaitu: UIN Syarif Hidayatullah, Universitas Pamulang (Unpam), STAI Thawalib Pondok Aren, Hypno Comunication KAHFI Bintaro, dan STIT Otto Iskandardinata Serpong. Kegiatan dibuka oleh Kepala Dinas Pariwisata Kota Tangerang Selatan Judianto, dihadiri oleh perwakilan Dinas Kebudayaan dan Kebudayaan Kota Tangerang Selatan Agus Darmawan, pengurus DKTS, seniman dan disaksikan langsung oleh masyarakat sekitar lokasi.

Dalam sambutannya, Ketua Umum DKTS H. Shobir Poer menyatakan bahwa, kegiatan ini merupakan agenda DKTS yang akan diadakan secara rutin sepekan sekali dan akan melibatkan seluruh elemen masyarakat Kota Tangerang Selatan.

Selanjutnya, Kepala Dinas Pariwisata Kota Tangerang Selatan mengatakan, Pemerintah Kota Tangerang Selatan akan memvasilitasi seluruh masyarakat Tangerang Selatan yang akan melakukan kegiatan seni dan budaya. “Pemerintah mau dan siap bekerja sama untuk memajukan seni dan budaya sebagai sarana pengembangan wisata di Tangerang Selatan,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua PHRI Tangerang Selatan Gusri Efendi mempersilakan kepada DKTS dan seluruh masyarakat Tangerang Selatan untuk mengadakan kegiatan apa saja di lokasi miliknya tersebut. “Tempat ini terbuka untuk siapa saja. Sengaja saya gratiskan, kecuali untuk parkir hanya dikenakan tarif parkir,” lanjutnya.

Kegiatan lomba berlangsung meriah. Para peserta antusias membacakan puisi pilihannya. Beragam gaya dan ekspresi dilakukan mereka. Masyarakat yang hadir di lokasi pun ikut menyaksikan jalannya kegiatan. Masyarakat merasa terhibur dengan kegiatan yang belum biasa mereka saksikan.

Kegiatan diakhiri dengan penyerahan hadiah kepada para pemenang, berupa piala dan bingkisan buku-buku sastra. Adapun para pemenang lomba adalah: Juara I Heni Yulianti dari UIN Syarif Hidayatullah, Juara II Nurul Amelia Putri dari UIN Syarif Hidayatullah, Juara III Sabih Najia Ulhaq dari UIN Syarif Hidayatullah, Juara Harapan I Zahra Zetira dari Hypno Comunication KAHFI Bintaro, Juara Harapan II Wulan Fitri dari UIN Syarif Hidayatullah, dan Juara Harapan III Khairul Fik dari UIN Syarif Hidayatullah. (Hadi) ***

Washadi, S.Pd, MM.Pd, seorang Guru dan Penulis, tinggal di Tangerang Selatan, Banten. Tulisan-tulisannya dimuat di berbagai media massa, antologi puisi dan antologi cerpen. Aktif berkegiatan sastra di Komunitas Sastra Indonesia (KSI) Tangsel. Saat ini menjabat sebagai Sekretaris Dewan Kesenian Tangerang Selatan (DKTS) merangkap Komite Sastra, dan Pengurus Asosiasi Guru Penulis Indonesia (Agupena) Wilayah Banten. Kini menjadi Ketua Bidang Humas dan Kerjasama Antar Lembaga AGUPENA.

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

*