SPENTIG HEWA JUARA I LOMBA CERDAS CERMAT

Rubrik Berita/Kegiatan Oleh

(Memperingati Hari Sumpah Pemuda)

Sumpah Pemuda merupakan moment bersejarah dalam perjalanan berdirinya bangsa Indonesia. Melalui Sumpah Pemuda, rasa persatuan sebagai anak bangsa yang terjajah dieratkan. Moment ini harus diperingati guna menimba spirit pemuda dahulu dalam merawat kebinekaan. Spirit inilah yang harus ditanamkan dalam diri anak muda jaman sekarang. Sebagai calon generasi muda, siswa/i juga dilibatkan dalam memperingati Hari Sumpah Pemuda agar semangat persatuan tertanam sejak dini dalam diri mereka.

Sekolah Menengah Pertama serayon Wulanggitang melalui wadah Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) mengadakan kegiatan lomba cerdas cermat memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-89, Sabtu, 28/10/2017. Kegiatan yang dilaksanakan di aula SMPK Sanctissima Trinitas, Hokeng ini diikuti 8 dari 10 sekolah yang berada di rayon Wulanggitang, yaitu SMPN 1 Wulanggitang, SMPN 2 Wulanggitang, SMPN 3 Wulanggitang, SMPN Demon Pagong, SMPN 1 Titehena, SMPK Sanctissima Trinitas, SMP Swasta Ile Bura, dan SMP Swadaya Tuakepa. Sementara sekolah yang tidak berpartisipasi adalah SMP Katolik Simon Petrus, dan SMP Negeri Satap Nobo.

Kegiatan ini diawali dengan penjemputan dan perarakan peserta lomba dari pintu gerbang SMPK Sanctissima Trinitas menuju aula sekolah. Dan dilakukan upacara pembukaan. Kepala SMPK Sanctissima Trinitas, Sr. Lidwin Maria, SSpS,M.Pd dalam sambutan mengajak siswa peserta lomba untuk berbangga karena terpilih mewakili sekolah. “Anak-anak peserta lomba harus berbangga karena dari sekian ratus siswa di sekolah, kalian terpilih mewakili sekolah. Dalam perlombaan ini, kalah dan menang bukanlah ukuran. Tetapi dengan berpartisipasi anak-anak bisa belajar dengan metode cerdas cermat,” ujar Sr. Lidwin Maria, SSpS, M.Pd.

Ketua MKKS rayon Wulanggitang, Gaspar L. Tukan, S.Pd pada kesempatan yang sama menjelaskan bahwa kegiatan lomba cerdas cermat ini dimaksud untuk mempersiapkan siswa dalam menghadapi lomba olimpiade tingkat kabupaten. “Lomba ini kita adakan sebagai persiapan menghadapi olimpiade tingkat kabupaten. Karena itu mata pelajaran yang dalam lomba cerdas cermat ini adalah mata pelajaran yang akan dilombakan dalam olimpiade yaitu MIPA, Matematika dan IPS,” kata Gaspar. Lebih jauh kepala SMP Negeri 1 Wulanggitang ini mengajak peserta lomba untuk menjunjung tinggi sportivitas. “Dalam perlombaan siapa pun ingin menang dan juara. Tetapi sportivitas harus tetap dijunjung,” katanya.

Sementara itu Karolus N. Tukan, pengawas sekolah tingkat SMP Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Flores Timur dalam sambutan sekaligus membuka kegiatan cerdas cermat mengatakan seiring perubahan kurikulum, paradigma pendidikan sudah berubah. “Dulu guru mengajar, siswa belajar. Sedangkan sekarang guru dan siswa sama-sama belajar. Dan dalam kurikulum 2013, aspek yang dinilai bukan hanya pengetahuan tetapi juga sikap dan keterampilan. Dalam perlombaan ini ketiga aspek ini mesti ditunjukkan, bukan hanya pengetahuan yang dipamerkan tetapi sikap dan keterampilan juga harus ditunjukkan,” kata Karel.

Setelah upacara pembukaan, dilanjutkan dengan perlombaan cerdas cermat yang mengusung tema “Be Smart with Science”. Bertindak sebagai dewan juri perlombaan adalah tiga pengawas sekolah tingkat SMP Kabupaten Flores Timur yaitu Karolus N. Tukan, Fransiskus H. Tukan, dan Nikolaus Koten. Setelah perlombaan cerdas cermat yang terdiri dari dua babak yaitu babak wajib dan rebutan selesai dan dilakukan reakapitulasi nilai, SMP Negeri 3 Wulanggitang atau popular disebut SPENTIG Hewa berhasil mendapat nilai tertinggi dan merebut juara I. Sementara juara II dan III berturut-turut diraih SMP Negeri Demon Pagong dan SMP Negeri 2 Wulanggitang.

Tiga siswa peserta lomba SMP Negeri 3 Wulanggitang, Theresia Roja Kwuta, Raimundus Ratu Werang dan Herlina Eno Puka mengungkapkan rasa bangga mereka. “Kami sangat bangga karena bisa menjadi terbaik dalam lomba ini. Semua ini berkat bimbingan dari bapa dan ibu guru pembimbing,” ujar Roja Kwuta mewakili teman-temannya.

Prociat buat laskar muda SPENTIG Hewa! (Geradus Kuma Apeutung- Pengurus Agupena Flotim)

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

*