Gerakan Satu Siswa Satu Buku Harian

Rubrik Kegiatan/Literasi Oleh

(Agupena Dorong Siswa Flotim Hasilkan Buku)

Di mana ada kemauan, di situ pasti ada jalan. Pepatah klasik ini, memiliki spirit yang luar biasa dalam sebuah perjuangan. Beberapa aktivis Agupena Flotim yang hingga saat ini sedang giat giatnya menulis dan bahkan beberapa guru menerbitkan buku, sesungguhnya berangkat dari kemauan mereka yang kuat. Rumus menulis yang mereka gunakan adalah kemauan dan latihan. Tulis sebanyak banyaknya, dan buang juga sebanyak banyaknya.

Tidak sportif, jika hanya guru saja yang menulis. Pun tidak adil kalau hanya guru yang menulis buku.

He… He… He… Apa iyah..?

Iyah.

Siswa juga harus didorong terus untuk menulis dan menghasilkan buku. Karya siswa yang terpanjang selama ini di Mading Sekolah, di majalah dan koran, juga termuat di Buletin sekolah, dapat didorong untuk dituliskan dalam bentuk buku. Potensi sudah ada, ruang latihan dan motivasi, sedang dan terus dibangun. Saatnya kita arsipkan tulisan tulisan siswa, dan dapat diarahkan untuk dibukukan.

Gerakan satu siswa satu buku harian, bisa menjadi salah satu sarana, siswa menuangkan ide dan pengalaman hariannya, entah puisi, cerpen, berita sekolah, kata mutiara, opini, dll. Dari buku harian siap dipindahkan ke buku.

Gagasan yang ada, Agupena Flotim sudah eksekusi hari ini, Selasa (7/11/17) 5 Siswa SMPN 1 lewolema yang berprestasi (Hasil Nilai Mid Semester Ganjil 2017/2018) mendapatkan sumbangan buku tulis dari Agupena Flotim. Diserahkan langsung oleh Solirus Soda, Kepala SMPN 1 lewolema. Kita mulai dari siswa yang berprestasi, selanjutnya yang memiliki potensi, bakat dan keterampilan menulis.

Selanjutnya, ruang diskusi dan informasi balik kami buka, untuk rekan rekan Kepala Sekolah dan guru, termasuk pemangku kepentingan pendidikan di daerah. Mari bersama kita kolaborasi sukseskan gerakan ini.

Mohon konfirmasi dari sekolah sekolah yang siswanya berprestasi untuk mendapatkan buku harian dari Agupena Flotim. Hasil karya adik adik sekalian sebelum dibukukan akan dilombahkan dan diklasifikasikan sesuai jenis tulisan masing masing.

Karya – karya siswa yang terbaik (dalam buku harian) dapat dipilih, selanjutnya sekolah mefasilitasi untuk mengirimnya melalui alamat em@il kami: masankian@gmail.com. Sertakan dengan biodata singkat dan profil foto. Teman – teman Agupena Flotim siap mefasilitasi untuk proses pembuatan buku. Karya siswa. (Maksi Masan)

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

*

Tulisan Terbaru tentang Kegiatan

Go to Top