National Workshop Penulisan Buku 2017, Hari Kedua

Rubrik Literasi Oleh

Oleh: Yudhi Kurnia

National Workshop Penulisan buku 2017 di hari pertama di tutup pada pukul 22.30 wib. _Amazing_ baru kali ini mengikuti workshop yang diakhiri hingga begitu larut. Saya meyakini semangat membara dari para peserta ini sangatlah tinggi. Harapan agar dapat menghasilkan*sesuatu* pada workshop kali ini sangatlah tinggi. Prof. Iro sebagai pemateri tidak ingin para peserta yang hadir di Workshop ini pulang dengan tangan hampa, otomatis pada peserta harus mampu menyelesaikan setiap sesi dengan output produk tulisan.

Di hari pertama kita didorong untuk membuat judul, membuat judul bab perbab, sejumlah 15 an untuk tulisan teks, dan 30 an bab untuk penulisan bebas. Dari masing-masing bab di buat lagi 4 sub, dan dari satu sub tadi di buat masing-masing 4 kata kunci. Otomatis dari rangkaian itu para peserta berhasil membuat rangka tulisan dengan 480 kata kunci.

Dari 480 kata kunci tersebut dibuat menjadi minimal satu kata kunci sebuah paragraf yang terdiri dari minimal 5 kalimat. Dengan demikian dari persatu paragraf menghasilkan 5 baris maka akan terbentuk kurang lebih 300 halaman buku. Its amazing, 300 halaman buku ini telah mampu untuk di jadikan cetakan buku ukuran A5 yang ber isbn. Syarat minimal isbn adalah 40 halaman buku.

Di hari kedua, 10 November 2017, bertepatan dengan hari Pahlawan, kami semua kembali melanjutkan kegiatan. Alhamdulillah, di hari yang kedua ini setelah saya mengajukan draft konten buku yang akan saya buat, saya mendapatkan apresiasi dari Prof. Iro atas rencana buku yang akan saya terbitkan. Menurutnya calon buku yang saya buat ini adalah baru, buku tentang Aikido menurutnya masih jarang, dan beliau berpesan untuk memperhatikan dengan betul gambar-gambar yang akan dicantumkan dalam bukunya. Kebetulan buku yang saya rencanakan adalah buku tentang pendidikan Aikido. Otomatis didalamnya akan berisi gambar dan juga penjelasan.

Hari semakin siang, masuk ke sore hingga ke malam hari Tawangmangu masih bergelora. Sesuai dengan agenda, kegiatan Kepenulisan ini akan dihadiri oleh pihak penerbit. Penerbit yang hadir adalah dari perwakilan Penerbit Andi Jogjakarta, sebuah perusahaan penerbitan buku yang terkenal dengan buku-buku teknologi informasi dan juga buku teks perkuliahan ini hadir khusus untuk melihat dan juga mengapresiasi kegiatan kali ini, siapa tahu dari rancangan buku yang dibuat peserta ada yang langsung bisa dilanjutkan ke tahapan percetakan.

Sebetulnya ada beberapa rekan peserta yang sudah sangat siap dengan draft bukunya, tanpa menunggu lama , selesai pemaparan ke penerbit an pihak dari ANDI langsung di *serbu*. Saya adalah salah satu yang coba mempresentasikan draft buku Aikido yang akan saya buat. Tanpa di duga sayapun mendapatkan apresiasi dan antusiasme sekaligus juga dorongan, bahwa rencana buku yang saya buat masih sangat jarang, dan masuk kedalam kategori buku Hobbiest, yang peminatnya cukup banyak.

Setelah di lihatnya konten draft buku, di selingi dengan beberapa masukan salah satunya adalah dengan memperhatikan kualitas gambar dari step-step by pelajaran nya. Gambar harus dibuat sebagai mungkin dengan Kamera yang baik, dan dibuat dengan warna monokrom saja, untuk memperkecil biaya produksi.

Alangkah senangnya, draft buku saya wajib dilanjutkan dan diselesaikan. Setelah menjadi draft utuh dan siap untuk di kirimkan ke Penerbit, saya harus kirimkan secepatnya. Serasa memberikan kartu nama pak Edi Mulyanta, menyemangati saya agar segera menyelesaikan segala persiapannya.

Waktu itu jam sudah menunjukkan pukul 23.00, sudah larut tenyata, diiringi dengan semangat menggelora saya bersiap untuk kembali ke kamar hotel. Beristirahat persiapan kegiatan esok dia hari terakhir yang harus lebih maksimal lagi.

Komajaya Komaratih, 11 11 2107

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

*

Tulisan Terbaru tentang Literasi

Go to Top