PAHLAWAN ZAMAN NOW

Rubrik Pendidikan Oleh

Oleh Fortin Sri Haryani

Pahlawan diartikan sebagai seorang yang telah berjasa, memberikan kontribusi nyata untuk kebaikan masyarakat. Mendahulukan kepentingan bersama, menomorduakan kepentingan pribadi dan keluarganya. Jasa para pahlawan sudah selayaknya diapresiasi oleh Negara, maka pepatah mengatakan bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa pahlawannya. Lalu timbullah pertanyaan : apa yang sudah kita lakukan sebagai bentuk penghargaan jasa para pahlawan. Tentunya hal ini ada kaitannya dengan profesi yang kita lakoni saat ini. Masing-masing profesi sejatinya memiliki nilai kepahlawanan, besar kecilnya bergantung kepada kemauan diri memperluas spektrum kebermanfaatan bagi sesama.

Bila ada yang bertanya profesi apakah yang memiliki nilai kepahlawanan sepanjang masa. Mungkin salah satunya adalah guru. Betapa kemajuan peradaban suatu bangsa sangat bergantung kepada kemajuan pendidikannya, dan kemajuan pendidikan sangat ditentukan oleh kualitas gurunya. Seperti Finlandia, negara penyandang kuaitas pendidikan nomor wahid dunia. Hanya beberapa orang terbaik dari universitas yang bisa menjadi guru. Guru memiliki peran strategis dalam mencetak generasi emas. Hingga terlintas dalam benak penulis, apapun kurikulumnya, selama sekolah memiliki guru yang berkualitas maka tidak ada yang perlu dirisaukan. Guru adalah kurikulum itu sendiri.

Pendidikan yang semakin maju menyadari bahwa mengedukasi tidak terbatas pada meningkatkan kemampuan berpikir, namun pendidikan juga berperan penting dalam pengembangan soft skill membentuk insan berkarakter. Kehadiran guru di kelas tidak terbatas di ranah kognitif, namun jauh menembus ke dalam jiwa peserta didiknya, menyentuh sisi ruhiyahnya, demi mencetak generasi insan kamil.

Guru dikatakan professional menurut UU no 14 thn 2005 apabila telah memenuhi 4 kompetensi guru, yakni kompetensi pedagogik, kepribadian, professional dan sosial. Selain menguasai materi pelajaran, guru diharapkan mampu bersosialisasi dengan baik, memiliki budi pekerti yang luhur, melek IT, dan tuntas dalam tugas administrasinya. Penulis berpendapat, guru adalah gabungan dari beberapa profesi sekaligus. Satu kali menjadi psikolog ketika mendengar curahan hati siswanya, di lain waktu menjadi seorang EO bila di sekolahnya mengadakan berbagai kegiatan.

Di hari pahlawan ini rasanya tak berlebihan bila penulis berpendapat guru adalah pahlawan zaman now. Oleh karenanya…teruntuk seluruh guru..dimanapun dan kapanpun pengabdianmu, semoga peluhmu kelak menjadi saksi pejuanganmu dan semoga tercatat sebagai amalan yang diterima oleh Rabb penguasa langit dan bumi.***

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

*

Tulisan Terbaru tentang Pendidikan

PKN DAN NILAI MORAL

Oleh: Salamuddin Uwar (Guru SMP Negeri 7 Kei Kecil Kabupaten Maluku Tenggara,
Go to Top