Home » Literasi » WJLRC yang Impresif » 91 views

WJLRC yang Impresif

Rubrik Literasi Oleh

Oleh : Yudhi Kurnia
SD-SMP Muhammadiyah Antapani Bandung

“Program WJLRC – West Java Leaders Reading Challenge, sangat impresif dan sangat bagus untuk dapat diterapkan juga di sekolah-sekolah lain di Indonesia. Sehingga budaya literasi generasi muda Indonesia dapat dimaksimalkan dan mencetak generasi yang handal serta tangguh dalam upaya mempercepat pembangunan Indonesia” (“Willya Indriani”).

Satu informasi yang sangat-sangat mendadak diterima oleh SD-SMP Muhammadiyah Antapani Bandung, unit SMP Muhammadiyah 8 Bandung akan kehadiran Kasubbid Hub. Bilateral Amerika dan Eropa, AsDep Bid. Hubungan Internasional, SetKab RI. Maksud serta tujuan dari kedatangan pejabat SetKab RI adalah untuk melakukan monitoring terhadap kerjasama sister city yang dilakukan oleh Pemprov Jawa Barat.

Kedatangan tamu diterima oleh Biro Pengembangan dan Kerjasama Pemprov Jabar dan Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah 8 Bandung, Taofik Yusmansyah yang di dampingi oleh Kepala SD Muhammadiyah 7 Bandung, Iwan Kurniawan, dan juga di dampingi oleh para Srikandi Literasi Antapani, Rika Kholisoh, Rani Juliani, Nidya Eka Pratiwi dan Inayah Tarmidzi.

Selepas Jambore Literasi yang menghegemoni dilaksanakan oleh WJLRC pada tanggal 1- 2 November 2017 di Buper Kiara Payung Sumedang Jawa Barat. Literasi di Indonesia, khususnya Jawa Barat sedang tumbuh dan berkembang. Informasi kegiatan akbar yang menginspirasi ini terpantau oleh Kasubbid Hub. internasional Republik Indonesia, yang pada akhirnya hadir untuk mendengar secara langsung seperti apa kegiatan ini dilakukan hingga dapat terdengar keras gaungnya.

WJlRC merupakan kegiatan yang melibatkan sekolah di Jawa Barat untuk menerima tantangan dalam dunia literasi. Tantangan itu adalah para peserta didik di sebuah sekolah yang telah ikut serta dalam program WJLRC diwajibkan untuk menyelesaikan membaca 24 buku non pelajaran selama 10 bisa bulan. Setelah selesai membaca buku para peserta didik diwajibkan untuk membuat review dari buku yang telah di bacanya. Hasil review yang dibuat selanjutnya di unggah ke laman Website WJlRC.

WJLRC adalah kegiatan yang bekerjasama dengan Negara Australia Selatan. Kegiatan di Australia Selatan sudah terlaksana sangat lama, habbit membaca di negara tersebut sangatlah tinggi. Sehingga program yang sudah berjalan disana, di coba Adopsi dengan citra rasa Indonesia Sendiri.

Terdapat 1300 sekolah di Jabar yang menerima tantangan ini. Namun, hanya 22 sekolah yang mampu menyelesaikan tantangan dengan baik dan sempurna. Salah satunya adalah SMP Muhammadiyah 8 Bandung. Dengan pencapaian ini maka sekolah menerima penghargaan dari Gubernur Jawa Barat dan diberikan gelar *Sekolah Inspirasi 2017*.

Kedatangan perwakilan dari Bidang Hubungan Bilateral semakin menguatkan dan mengokohkan semangat berliterasi di Komplek Muhammadiyah Antapani Bandung. Ada satu pemicu semangat yang disampaikan oleh Willya, beliau bersedia mendukung program secara pribadi, bahkan akan membantu agar program WJLRC yang telah bagus ini menjadi program Nasional, dan bisa di laksanakan oleh tidak hanya provinsi Jabar saja, namun juga provinsi yang lain. Semoga. ***

Yudhi Kurnia, S.T., lahir di Tasikmalaya, 18 Agustus 1983. Kini menjadi Pendidik/Humas SMP Muhammadiyah 8 Bandung

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

*

Tulisan Terbaru tentang Literasi

Rahasia Menulis

Ismail Suardi Wekke STAIN Sorong & Agupena Papua Barat Menulis menjadi keperluan
Go to Top