AGUPENA Ramaikan Pameran Karya Guru

Rubrik Berita/Kegiatan Oleh

Dalam rangka Hari Guru Nasional, Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI menggelar Pameran Karya Guru dan Tenaga Kependidikan. Kegiatan ini dilaksanakan sejak 24-25 November 2017 di Plaza Insan Berprestasi, Gedung Ki Hajar Dewantara, Kemendikbud.

Asosiasi Guru Penulis Indonesia (AGUPENA) sebagai organisasi yang menghimpun guru dan tangga kependidikan juga dilibatkan dalam kegiatan ini. AGUPENA adalah organisasi yang secara hirarki struktural berada dibawah Direktorat GTK dan Pusat Kurikulum dan Perbukuan sejak berdirinya telah banyak menggerakkan guru dan tenaga kependidikan untuk menulis dan berkarya secara akademik dalam bidang pendidikan. Struktur AGUPENA terbentuk dari pusat, provinsi dan kabupaten, kota. Saat ini AGUPENA telah memiliki 23 pengurus wilayah di tingkat provinsi.

Menurut Ketua Umum AGUPENA Naijan Lengkong, M.Pd, “Kegiatan Pameran Karya Guru dan Tenaga Kependidikan ini digunakan AGUPENA sebagai ajang mempromosikan karya guru yang tergabung dalam AGUPENA sekaligus menggalang gerakan literasi”. Terdapat 22 judul buku yang dipamerkan ditulis oleh 14 penulis anggota AGUPENA dan beberapa buku kompilasi para penulis AGUPENA diantaranya, Thamrin Dahlan Hadi, Yanuardi Syukur, Abd. Malik Raharusun, Suardi, Alpansyah, Sabarudin, Roswita, Muh. Arif Sikki, Yonas Suharyono, Kasmia, La Ode Mu’jizat dan Sriyanti.

Menurut Munawir jumlah pengunjung pada hari pertama pameran di stand AGUPENA langsung dipadati termasuk Dirjen GTK, Hamid Muhammad. Dalam kunjungannya Hamid menyambut baik kerja AGUPENA selama ini menggalang guru dan tenaga kependidikan untuk menulis dan berkarya. Beliau juga berharap kedepannya jika ada kegiatan AGUPENA agar dapat melibatkan Direktorat GTK.

Selama dua hari pameran AGUPENA terlibat secara aktif. Menurut Naijan, Ketua Umum AGUPENA, kegiatan ini bagi AGUPENA bukan sekedar serimonial belaka tetapi akan makin memantapkan AGUPENA dan anggota diseluruh Indonesia untuk terus berkarya dan berbuat yang terbaik untuk kemajuan pendidikan di Indonesia.***

AGUPENA.OR.ID merupakan website resmi Agupena yang diluncurkan pada 10 Oktober 2016. Kehadiran website ini diharapkan bisa menjadi pendukung program Agupena di seluruh wilayah tanah air. Website dikelola oleh Sawali Tuhusetya (Bidang Pengembangan Profesi Agupena).

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

*

Tulisan Terbaru tentang Berita

Go to Top